Search for collections on Undip Repository

IMPLEMENTASI PELAYANAN ADMINISTRASI TERPADU KECAMATAN (PATEN) DI KECAMATAN CANDISARI KOTA SEMARANG._013 HAN 2023

Kartika, ‘Aliyya Hana and Susanto, Sri Nur Hari and Solechan, Solechan (2023) IMPLEMENTASI PELAYANAN ADMINISTRASI TERPADU KECAMATAN (PATEN) DI KECAMATAN CANDISARI KOTA SEMARANG._013 HAN 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kecamatan merupakan salah satu unit organisasi pemerintah yang memiliki kedudukan yang strategis karena berada di garis depan yang berhadapan dengan masyarakat secara langsung dengan berbagai kebutuhan. Upaya dalam mendorong pemberian pelayanan publik yang berkualitas, pemerintah telah mengeluarkan Permendagri Nomor 4 Tahun 2010 tentang Pedoman Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN), dan mengamanatkan bahwa setiap kecamatan di Indonesia menyelenggarakan PATEN. Menghadapi hal tersebut Pemerintah Kota Semarang menindaklanjuti dengan mengeluarkan Peraturan Walikota Semarang Nomor 43 Tahun 2012 tentang Standar Pelayanan PATEN di Kota Semarang. PATEN tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan, namun juga mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah melakukan identifikasi dan menganalisis implementasi Peraturan Walikota Semarang Nomor 43 Tahun 2012 tentang Standar Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN), mengidentifikasi dan menganalisis kendala dalam implementasi dan mencari solusi atas kendala dalam implementasi Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) khususnya di Kecamatan Candisari Kota Semarang. Metode yang dipergunakan dalam penelitian adalah yuridis empiris dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, serta analisis yang bersifat deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi PATEN di Kecamatan Candisari telah sesuai dengan ketentuan Peraturan Walikota Semarang Nomor 43 Tahun 2012 tentang Standar Pelayanan PATEN di Kota Semarang, dan dalam operasionalnya telah memenuhi indikator keberhasilan implementasi teori Edward III yakni komunikasi, akuntabilitas sumber daya manusia, disposisi dan struktur birokrasi. Kendala yang ditemukan dalam implementasi menunjukkan sifat baik internal maupun ekstenal. Kendala internal terjadi apabila dalam pemberian pelayanan camat sedang bertugas di luar kecamatan. Kendala eksternal terjadi karena ketidaktelitian perangkat kelurahan dalam pembuatan surat pengantar dan kurangnya kesadaran masyarakat terkait persyaratan. Solusi yang dilakukan kecamatan adalah pihak kecamatan memberikan jaminan waktu kepada masyarakat
dalam pelayanan, pihak kecamatan mengadakan apel pagi terpusat setiap hari Senin yang diikuti kelurahan se-Kecamatan Candisari dan pihak kecamatan menyediakan informasi persyaratan baik di tempat maupun melalui sarana sosial media.
Kata Kunci: Implementasi, PATEN, Kecamatan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 19 Dec 2023 02:18
Last Modified: 19 Dec 2023 02:18
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18727

Actions (login required)

View Item View Item