Search for collections on Undip Repository

Hubungan Fungsi Proprioseptif dengan Akurasi Tendangan pada Pemain Sepak Bola (Studi pada Pemain Sepak Bola Laki-laki Usia 15 Sampai 16 Tahun Diklat Diponegoro Muda PS Undip)

Indiarso, Alya Najmadhiya and Widodo, Sumardi and Indraswari, Darmawati Ayu (2023) Hubungan Fungsi Proprioseptif dengan Akurasi Tendangan pada Pemain Sepak Bola (Studi pada Pemain Sepak Bola Laki-laki Usia 15 Sampai 16 Tahun Diklat Diponegoro Muda PS Undip). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (ABSTRAK-KTI)
ABSTRAK.pdf

Download (24kB)

Abstract

Latar belakang: Prestasi tim nasional Indonesia di ajang Piala ASEAN Football Federation (AFF) tahun 2020 terbilang belum menunjukkan hasil yang memuaskan. Hal ini terlihat dari persentase ball possesion yang diperoleh Timnas Indonesia masih cukup rendah. Ball possesion memiliki pengaruh penting dalam upaya melakukan shots on target. Kualitas akurasi passing yang buruk ini menjadi evaluasi bersama bagi Timnas Indonesia sehingga para pemain mampu meningkatkan penguasaan bola (ball possession) dan memenangkan pertandingan. Akurasi tendangan dipengaruhi oleh banyak faktor fisik yang didukung oleh salah satunya fungsi proprioseptif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa latihan proprioseptif dapat meningkatkan akurasi dan keseimbangan pada orang sehat.
Tujuan: Mengetahui hubungan fungsi proprioseptif dengan akurasi tendangan pada pemain sepak bola.
Metode: Dua puluh empat pemain laki-laki (Diklat Diponegoro Muda PS Undip) terlibat dalam penelitian ini (mean±SD; usia15,38± 0,49 tahun, berat badan 54,97±6,80 kg, tinggi badan 164,99±4,11 cm). Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan menggunakan rancangan belah lintang (cross sectional). Setiap pemain akan dilakukan pengukuran fungsi proprioseptif, akurasi tendangan, keseimbangan, dan kekuatan otot tungkai. Analisa statistik dilakukan menggunakan uji Saphiro-Wilk dan uji korelasi Spearman.
Hasil: Hasil uji korelasi Spearman menunjukkan tidak didapatkan adanya korelasi yang signifikan antara fungsi proprioseptif (p=0,641), keseimbangan (p=0,259), dan kekuatan otot tungkai dengan akurasi tendangan (p=0,216).
Kesimpulan: Tidak terdapat hubungan yang bermakna secara statistik antara fungsi proprioseptif dan akurasi tendangan pada pemain sepak bola.

Kata kunci: Akurasi, fungsi proprioseptif, Active Joint Position Sense (AJPS), pemain sepak bola laki-laki.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Akurasi, fungsi proprioseptif, Active Joint Position Sense (AJPS), pemain sepak bola laki-laki.
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Medicine
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 18 Dec 2023 01:19
Last Modified: 18 Dec 2023 01:19
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18722

Actions (login required)

View Item View Item