Search for collections on Undip Repository

PENGARUH TERPAAN NATIVE ADVERTISING ERIGO TAKE OVER DAN KREDIBILITAS CELEBRITY ENDORSER DI MEDIA SOSIAL TERHADAP BRAND IMAGE ERIGO

SATRIOWIBOWO, DAFFA (2022) PENGARUH TERPAAN NATIVE ADVERTISING ERIGO TAKE OVER DAN KREDIBILITAS CELEBRITY ENDORSER DI MEDIA SOSIAL TERHADAP BRAND IMAGE ERIGO. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (267kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (290kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (86kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Submitted Version

Download (294kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Submitted Version

Download (11kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (153kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (225kB)

Abstract

Walaupun Erigo telah melakukan strategi pemaran yang masif dengan
budget yang besar, yaitu sebanyak kurang lebih 718 juta untuk native advertising
Erigo take over dan 50 milyar untuk celebrity endorser yang memiliki kredibilitas
tinggi. Hal ini berbanding terbalik dengan usaha yang dilakukan oleh Erigo dalam
menjalankan native advertising terkait program Erigo take over sebagai program
yang siap mengglobal dan mengoptimalkan strategi celebrity endorser di media
sosial. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian kuantitatif eksplanatori. Populasi
dalam penelitian ini adalah khalayak yang berusia 18-35 tahun yang pernah terterpa
native advertising Erigo take over dan mengetahui celebrity endorser Erigo.
Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sample non-probability dengan
jumlah responden sebanyak 100 orang. Teknik pengambilan sampel yang
digunakan pada penelitian ini berdasarkan kebetulan atau accidental. Teori yang
digunakan dalam penelitian ini adalah cognitive learning theory dan source
credibility theory.
Temuan pada penelitian ini menunjukan bahwa terpaan native advertising
Erigo take over berada pada tingkat yang cukup. Hal ini menunjukan bahwa
sebagian responden memiliki pengetahuan yang cukup terhadap terpaan atas
informasi dalam native advertising Erigo take over. Kemudian, terpaan kredibilitas
celebrity endorser Erigo di media sosial berada pada tingkat yang tinggi. Hal ini
menunjukan bahwa sebagian responden memiliki persepsi baik terhadap
kredibilitas celebrity endorser yang di miliki oleh Erigo. Kemudian, sebagian besar
responden juga memiliki persepsi yang baik terhadap brand image Erigo.
Hasil uji seluruh hipotesis dalam penelitian ini dilakukan dengan
menggunakan analisis uji regresi linear sederhana menunjukan bahwa penelitian
tidak signifikan atau tidak ada pengaruh antara variabel X1 (Terpaan Native
Advertising Erigo Take Over) terhadap variable Y (Brand image Erigo) dengan nilai
signifikansi sebesar 0.941. Hal ini menunjukan bahwa tinggi rendahnya terpaan
informasi dari native advertising Erigo take over di dalam artikel media online tidak
berpengaruh secara parsial terhadap brand image Erigo. Kemudian, tidak ada
pengaruh atau tidak signifikan antara variabel X2 (Kredibilitas Celebrity endorser
di media sosial) terhadap variable Y (Brand image Erigo) dengan nilai signifikansi
sebesar 0.497. hal ini menunjukan bahwa tinggi rendahnya kredibilitas celebrity
endorser Erigo di media sosial tidak berpengaruh secara parsial terhadap brand
image Erigo.

Kata Kunci : Terpaan Native Advertising Erigo Take Over , Kredibilitas
Celebrity Endorser di Media Sosial, Brand Image Erigo.
NOMOR: 95KOM2022

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 12 Dec 2023 08:17
Last Modified: 12 Dec 2023 08:17
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18705

Actions (login required)

View Item View Item