Search for collections on Undip Repository

ANALISIS KASUS TERHADAP PUTUSAN PENGADILAN NEGERI TANGERANG NOMOR 16/PDT.G/2017/PN TNG TENTANG SENGKETA KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK PT SUMBER ALFARIA TRIJAYA TBK._014 HAN 2023

Rezki, Achmad and Juliani, Henny and Wibawa, Kadek Cahya Susila (2023) ANALISIS KASUS TERHADAP PUTUSAN PENGADILAN NEGERI TANGERANG NOMOR 16/PDT.G/2017/PN TNG TENTANG SENGKETA KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK PT SUMBER ALFARIA TRIJAYA TBK._014 HAN 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Memperoleh informasi merupakan suatu hak dasar yang dimiliki oleh setiap individu sebagai suatu bentuk hak asasi manusia dan dijamin perlindungannya dalam sistem hukum nasional ataupun internasional. Hak atas mengakses informasi diatur pula pada Pasal 28 F Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 (UUD NRI 1945). Pengejawantahan dari amanat Pasal 28 F Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 tersebut, maka dibentuklah undang-undang khusus yang berkaitan dengan keterbukaan informasi publik yakni Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Pada keterbukaan informasi publik terdapat definisi badan publik yang tercantum dalam Undang-Undang No.14 Tahun 2008 yang memiliki makna artian yang luas. Luasnya definisi dari badan publik yang diatur dalam undang-undang tersebut, terdapat berbagai sengketa yang terjadi antara pemohon informasi dengan badan publik. Di antara sengketa informasi yang terjadi salah satunya, yakni sengketa informasi antara pemohon informasi dengan badan hukum privat yang dalam hal ini PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk mengenai keterbukaan penyaluran sumbangan yang dihimpun oleh gerai Alfamart. Sebagaimana objek sengketa tersebut telah diputus berdasarkan Putusan Pengadilan Negeri Tangerang Nomor 16/Pdt.G/2017/PN Tng. Adapun tujuan penulisan studi kasus ini adalah untuk mengetahui serta menganalisis kedudukan hukum (legal standing) PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk yang dikategorikan sebagai badan publik dalam sengketa tersebut dan untuk mengetahui serta menganalisis penyelesaian kasus perkara sengketa informasi publik tersebut berdasarkan Putusan Pengadilan Negeri Tangerang Nomor 16/Pdt.G/2017/PN Tng. Pada penelitian studi kasus ini jenis penelitian yang dipergunakan adalah penelitian hukum yuridis normatif atau penelitian hukum doktrinal. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kasus (case approach), pendekatan perundang-undangan, dan pendekatan analitis. Pada penelitian studi kasus ini dipergunakan jenis bahan hukum dengan bersumber dari bahan hukum primer, sekunder, dan tersier. Pada pengumpulan sumber bahan hukum dipergunakan teknik studi kepustakaan dengan pengkajian pada sumber-sumber bahan hukum. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian studi kasus ini dengan menggunakan teknik analisis kualitatif yakni melalui interpretasi serta penafsiran terhadap bahan hukum.
Berdasarkan penelitian studi kasus dihasilkan analisis bahwa kedudukan hukum (legal standing) PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk dalam sengketa informasi publik pada Putusan Pengadilan Negeri Tangerang Nomor 16/Pdt.G/2017/PN Tng adalah sebagai badan publik dan termohon informasi atas sengketa tersebut. Selain itu, penyelesaian sengketa informasi tersebut dilaksanakan sesuai dengan prosedur pada peraturan perundang-undangan.
Kata kunci : Sengketa informasi publik, badan publik, pemohon informasi, legal standing, komisi informasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 19 Dec 2023 02:17
Last Modified: 19 Dec 2023 02:17
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18702

Actions (login required)

View Item View Item