Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN PENGGUNAAN FACIAL WASH YANG MENGANDUNG BAHAN AKTIF ANTI AKNE TERHADAP KEJADIAN AKNE VULGARIS PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS DIPONEGORO

Haningtyas, Aniq Fauziah and Damayanti, Galih Sari and Radityastuti, Radityastuti (2023) HUBUNGAN PENGGUNAAN FACIAL WASH YANG MENGANDUNG BAHAN AKTIF ANTI AKNE TERHADAP KEJADIAN AKNE VULGARIS PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS DIPONEGORO. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (Aniq Fauziah Haningtyas-22010120140218-KTI-ABSTRAK)
Aniq Fauziah Haningtyas-22010120140218-KTI-ABSTRAK.pdf

Download (87kB)

Abstract

Latar Belakang: Akne vulgaris adalah kondisi peradangan kronis folikel sebaceous akibat minyak, debu, kotoran dan keringat yang menyumbat pori-pori. Kebersihan wajah pada penderita akne vulgaris untuk mencegah terjadinya akne vulgaris, yaitu rutin mencuci wajah dan menggunakan subun khusus wajah. Pada penderita akne vulgaris dibutuhkan sabu wajah yang mengandung bahan aktif anti-akne yang bersifat non-acnegenic, non-comedogenic, non-irritating, dan non-allergeni karena penggunaan sabun wajah anti-akne dapat menghambat pertumbuhan bakteri Propionibacterium acne dan mencegah akne vulgaris semakin parah.
Tujuan: Mengetahui hubungan penggunaan facial wash yang megandung bahan aktif anti-akne terhadap kejadian akne vulgaris pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro.
Metode: Penelitian cross-section pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro angkatan 2019-2022 sebanyak 65 responden dengan metode purposive sampling. Jenis data yang dikumpulkan berupa data primer dengan cara pengisian kuesioner oleh responden dan pengambilan foto wajah 3 sisi.
Hasil: Berdasarkan hasil analisis uji chi-square didapatkan nilai p sebesar 0,038 (p<0,05) hasil tersebut menunjukkan terdapat hubungan yang bermakna antara penggunaan sabun wajah yang mengandung bahan aktif anti-akne terhadap kejadian Akne vulgaris.
Kesimpulan: Penggunaan sabun wajah anti-akne memiliki hasil yang signifikan terhadap kejadian akne vulgaris pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Akne vulgaris, Sabun wajah anti-akne, Frekuensi mencuci wajah
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Medicine
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 13 Dec 2023 03:09
Last Modified: 13 Dec 2023 05:39
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18673

Actions (login required)

View Item View Item