Search for collections on Undip Repository

PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN DAN PERSEPSI MANFAAT TERHADAP MINAT BELI ULANG DENGAN KEPERCAYAAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Pengguna Shopee di Kota Semarang)

MIKHAEL, Dahana Isatama (2023) PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN DAN PERSEPSI MANFAAT TERHADAP MINAT BELI ULANG DENGAN KEPERCAYAAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Pengguna Shopee di Kota Semarang). Undergraduate thesis, UNDIP: Fakultas Ekonomika dan Bisnis.

[img] Text (Cover)
1._S___Cover___12010119130113.pdf - Published Version

Download (237kB)
[img] Text (Abstrak (Inggris))
4._S___Abstrak_(Inggris)___12010119130113.pdf - Published Version

Download (208kB)
[img] Text (Abstrak (Indonesia))
5._S___Abstrak_(Indonesia)___12010119130113.pdf - Published Version

Download (209kB)
[img] Text (Daftar Isi)
6._S___Daftar_Isi___12010119130113.pdf - Published Version

Download (236kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
12._S___Daftar_Pustaka___12010119130113.pdf - Published Version

Download (354kB)
[img] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
16._S___Fulltext_PDF_Bookmarks___12010119130113.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Shopee bukan e-commerce pertama di Indonesia, namun Shopee dapat
menunjukkan kemampuannya bertahan dan bersaing dengan e-commerce lain.
Meskipun Shopee bisa menjadi top of mind e-commerce di Indonesia, namun pada
kuartal I dan II 2021 terjadi penurunan rata-rata pengunjung bulanan Shopee yang
menjadikan posisi Shopee digantikan Tokopedia yang menduduki posisi pertama
rata-rata pengunjung bulanan. Penurunan jumlah pengunjung pada situs jual-beli
online dapat diperkirakan bahwa minat beli konsumen pada toko online tersebut
juga mengalami penurunan. Penurunan jumlah pengunjung menjadi masalah yang
perlu diperhatikan karena menjadi ancaman bagi perusahaan. Selain fenomena
tersebut, ditemukan inkonsistensi dari beberapa penelitian terdahulu. Oleh karena
itu atas dasar fenomena dan kesenjangan penelitian tersebut, penelitian ini bertujuan
untuk menganalisis faktor-faktor yang dapat mempengaruhi minat beli ulang pada
pengguna Shopee di Kota Semarang dengan menganalisis pengaruh dari
kemudahan penggunaan dan persepsi manfaat terhadap minat beli ulang melalui
kepercayaan.
Konsep model kerangka penelitian yang dikembangkan antara persepsi
kemudahan penggunaan, persepsi manfaat, kepercayaan, dan minat beli ulang
bersumber dari teori dan penelitian yang telah dilakukan sebelumnya. Pengumpulan
data yang dilakukan dengan pemberian kuesioner yang terdiri dari pertanyaan
terbuka dan tertutup secara daring berhasil mendapatkan 136 responden. Kriteria
responden penelitian ini adalah pengguna Shopee yang berdomisili di Kota
Semarang dan pernah melakukan pembelian di Shopee minimal 2 kali. Hasil dari
pengumpulan data kuesioner yang telah diperoleh dianalisis secara kuantitatif dan
struktural dengan menggunakan metode SEM (Structural Equation Modelling)
menggunakan program AMOS (Analysis Moment of Structural) 24.
Temuan pada penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi kemudahan
penggunaan dan persepsi manfaat memiliki pengaruh positif dan signifikan
terhadap kepercayaan. Persepsi kemudahan penggunaan menjadi faktor yang paling
berpengaruh terhadap kepercayaan dibandingkan persepsi manfaat. Selanjutnya,
kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli ulang. Persepsi
kemudahan penggunaan dan persepsi manfaat diketahui dapat berpengaruh
langsung terhadap minat beli ulang tanpa melalui peran kepercayaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Manfaat, Kepercayaan, Minat Beli Ulang
Subjects: Economics and Business
Economics and Business > Management
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Mr Sulamul Hadi
Date Deposited: 11 Dec 2023 07:58
Last Modified: 11 Dec 2023 07:58
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18670

Actions (login required)

View Item View Item