Search for collections on Undip Repository

GANTI KERUGIAN TERHADAP KORPORASI SEBAGAI KORBAN TINDAK PIDANA CYBERCRIME (ANALISIS PUTUSAN PENGADILAN NOMOR 489/PID.SUS/2021/PN SMN)._013 Pidana 2023

VERNANDA, RESTI JIHAN and Purwoto, Purwoto and Astuti, A.M. Endah Sri (2023) GANTI KERUGIAN TERHADAP KORPORASI SEBAGAI KORBAN TINDAK PIDANA CYBERCRIME (ANALISIS PUTUSAN PENGADILAN NOMOR 489/PID.SUS/2021/PN SMN)._013 Pidana 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berkembangnya subjek hukum pidana memiliki dampak kepada korporasi. Dengan diberlakukannya korporasi sebagai subjek hukum pidana maka membuat korporasi dapat dipertanggungjawabkan secara pidana. Dengan semakin berkembang pula ilmu informasi dan teknologi, membuat bergesernya paradigma dimana saat ini korporasi dapat menjadi korban cybercrime. Pengakuan akan hak korporasi sebagai korban tindak pidana ini telah dijelaskan dalam alinea ke-2 Penjelasan Atas Undang-Undang Nomor 31 Tahun 2014 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2006 Tentang Perlindungan Saksi dan Korban dimana salah satu hak dari korban adalah hak untuk adanya ganti kerugian. Penelitian ini dilakukan pada Putusan Nomor 489/Pid.Sus/2021/PN SMN. Metode penelitian yang digunakan adalah metode yuridis normatif dengan menggunakan sumber dan jenis data sekunder.
Berdasarkan hasil penelitian dalam Putusan Nomor 489/Pid.Sus/2021/PN SMN tidak dapat diterapkan mekanisme ganti kerugian karena tidak memenuhi unsur-unsur dalam ganti kerugian dan hakim memilih menggunakan tindak pidana pencucian uang sebagai dasar dalam memutus perkara. Hal tersebut dikarenakan beberapa kendala yang dialami sehingga hakim tidak dapat memutuskan ganti kerugian kepada korban. Pada akhirnya seharusnya hak-hak korban dapat lebih diutamakan terutama mengenai ganti rugi kepada korban.
KATA KUNCI : KORPORASI, GANTI KERUGIAN, CYBERCRIME

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 19 Dec 2023 02:39
Last Modified: 19 Dec 2023 02:39
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18657

Actions (login required)

View Item View Item