Search for collections on Undip Repository

PERLINDUNGAN SAKSI ANAK KORBAN KEKERASAN SEKSUAL DALAM PROSES PENYIDIKAN (STUDI TINDAK PIDANA KEKERASAN SEKSUAL DI DITRESKRIMUM POLDA JAWA TENGAH._022 Pidana 2023

Kusumawardhani, Indah Ayu and R.B. Sularto, R.B. Sularto and Astuti, A.M. Endah Sri (2023) PERLINDUNGAN SAKSI ANAK KORBAN KEKERASAN SEKSUAL DALAM PROSES PENYIDIKAN (STUDI TINDAK PIDANA KEKERASAN SEKSUAL DI DITRESKRIMUM POLDA JAWA TENGAH._022 Pidana 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Anak korban tindak pidana kekerasan seksual saat masih menjalani proses penyidikan di Kepolisian, selain berkedudukan sebagai korban juga sebagai saksi guna dimintai keterangan mengenai tindak pidana kekerasan seksual yang dialaminya. Anak sebagai saksi korban perlu diberikan perlindungan khusus saat dimintai keterangan oleh penyidik anak. Ditreskrimum Polda Jawa Tengah khususnya dalam Unit Pelayanan Perempuan dan Anak (Unit PPA) Subdit IV Remaja, Anak, dan Wanita (Renakta) sebagai pelaksana proses pemeriksaan/penyidikan terhadap kasus tindak pidana kekerasan seksual terhadap anak yang terjadi wilayah hukum Polda Jawa Tengah. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui, menganalisis, dan mengevaluasi pelaksanaan perlindungan anak dalam tahap pemeriksaan/penyidikan anak saksi korban kekerasan seksual di Ditreskrimum Polda Jawa Tengah, serta mengetahui hambatan-hambatan yang ada pada pelaksanaan pemeriksaan/penyidikan dan memberi solusi dari hambatan yang dihadapi.
Metode pendekatan yang digunakan dalam penulisan hukum ini adalah pendekatan yuridis empiris. Spesifikasi yang digunakan dalam penulisan hukum ini adalah deskriptif analitis, dimana dalam penelitian ini dilakukan pula pendekatan terhadap bahan hukum primer atau peraturan perundang-undangan terkait yang berlaku, untuk kemudian dianalisis dengan sumber data primer penelitian yaitu wawancara dengan Penyidik Anak Unit Pelayanan Perempuan dan Anak (PPA) Subdit IV Remaja, Anak, dan Wanita (Renakta) Ditreskrimum Polda Jawa Tengah.
Hasil penelitian menunjukan pelaksanaan perlindungan anak saksi korban kekerasan seksual dalam tahap penyidikan di Ditreskrimum Polda Jawa Tengah sudah terlaksana dengan baik dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, meskipun terdapat beberapa hambatan yang dijumpai di lapangan. Hambatan tersebut antara lain kesulitan dalam menemukan saksi dan alat bukti, kurangnya kesadaran saksi korban maupun keluarganya untuk mengungkapkan fakta yang sebenarnya, anak saksi korban suka berubah-ubah dalam memberikan keterangannya, kurang profesionalnya penyidik dalam menangani kasus dan kurangnya koordinasi dengan pihak lain/pendamping.
Kata Kunci: Pelaksanaan Perlindungan Saksi Anak, Korban Tindak Pidana Kekerasan Seksual, Ditreskrimum Polda Jawa Tengah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 19 Dec 2023 02:39
Last Modified: 19 Dec 2023 02:39
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18654

Actions (login required)

View Item View Item