Search for collections on Undip Repository

Hubungan Indeks Massa Tubuh terhadap Jenis Histopatologi Pasien Kanker Payudara di RSUD Dr. Kariadi Semarang pada Tahun 2020 - 2022

Fikhar, Muhammad Aqeel and Budijitno, Selamat and Wikanta, Edmond Rukmana and Prajoko, Yan Wisnu (2023) Hubungan Indeks Massa Tubuh terhadap Jenis Histopatologi Pasien Kanker Payudara di RSUD Dr. Kariadi Semarang pada Tahun 2020 - 2022. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (MUHAMMAD AQEEL FIKHAR-22010120140261- KTI-ABSTRAK)
MUHAMMAD AQEEL FIKHAR-22010120140261- KTI-ABSTRAK.pdf

Download (12kB)

Abstract

Latar Belakang: Kanker payudara adalah kanker terbanyak pada perempuan selain kanker serviks yang berasal dari sel-sel kelenjar, saluran, dan jaringan pada payudara. Salah satu faktor risiko yang memengaruhi kanker payudara adalah indeks massa
tubuh. Pada penelitian ini akan dilakukan hubungan antara indeks massa tubuh terhadap dispesifikasikan dengan jenis histopatologi kanker paydura tipe karsinoma duktal invasif dan karsinoma lobular invasif karena masih sedikit studi yang membahas dan dua jenis histopatologi tersebut merupakan jenis histopatologi yang paling umum terjadi.

Tujuan: Mengetahui hubungan indeks massa tubuh terhadap jenis histopatologi karsinoma duktal invasif dan lobular invasif pada penderita kanker payudara di RSUP Dr. Kariadi Semarang.

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian analitik korelasi dengan metode cross�sectional. Sampel diambil pada RSDK dengan consecutive sampling setelah disortir, didapatkan 65 sampel yang termasuk kriteria inklusi dan dianalisis dalam penelitian ini.

Hasil: Pada karakteristik usia pasien, mayoritas pasien kanker payudara memiliki usia di atas 40 tahun dengan sejumlah 49 pasien (80%). Pada karakteristik jenis kelamin, perempuan lebih banyak menderita kanker payudara dengan jumlah 65 pasien (100%). Pada karakteristik IMT didapatkan pasien yang terkena kanker payudara mayoritas adalah pasien yang memiliki kelompok IMT di atas normal, yaitu sejumlah 31 pasien dengan gabungan antara overweight dan obesitas. Terakhir, pada karakteristik reseptor hormonal didapatkan reseptor hormonal yang positif lebih banyak ketimbang reseptor hormonal yang negatif dengan angka 38 pasien (58,5%). Setelah dianalisis
menggunakan uji regresi logistik dari variabel usia, reseptor hormonal, dan indeks massa tubuh, didapatkan hubungan yang signifikan pada faktor risiko indeks massa tubuh terhadap jenis histopatologi kanker payudara dengan nilai p = 0,004 (p < 0,05).
Selain itu, indeks massa tubuh dengan overweight-obesitas memiliki OR = IDC 5,952 yang berarti memiliki peluang faktor risiko terkena kanker payudara tipe IDC 5,952 kali lipat dibandingkan dengan kanker payudara tipe ILC yang dibuktikan dengan melihat OR dari uji chi-square secara spesifik.

Kesimpulan: Indeks massa tubuh memiliki hubungan terhadap jenis histopatologi kanker payudara. Namun, diperlukan analisis lebih lanjut mengenai faktor risiko lain yang dapat memengaruhi jenis histopatologi kanker payudara.

Kata Kunci: Indeks massa tubuh, kanker, payudara, duktal, lobular

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Indeks massa tubuh, kanker, payudara, duktal, lobular
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Medicine
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 11 Dec 2023 02:16
Last Modified: 11 Dec 2023 02:16
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18644

Actions (login required)

View Item View Item