Search for collections on Undip Repository

Prevalensi dan Karakteristik Pasien Lansia yang Masuk Rawat Inap Akibat Gagal Jantung di RSUP Dr. Kariadi pada Tahun 2021-2022

Andre, Nadine Annisa and Limantoro, Charles and Setiawan, Andreas Arie (2023) Prevalensi dan Karakteristik Pasien Lansia yang Masuk Rawat Inap Akibat Gagal Jantung di RSUP Dr. Kariadi pada Tahun 2021-2022. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (ABSTRAK-KTI)
ABSTRAK-KTI.pdf

Download (91kB)

Abstract

Latar belakang: Rawat inap akibat gagal jantung merupakan 1-2% dari semua pasien rawat inap. Di Indonesia sendiri masalah gagal jantung, khususnya pada lanjut usia belum bisa dinilai dengan tepat karena gejala gagal jantung yang tidak khas serta kurangnya data yang relevan mengenai prevalensi dan karakteristik.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prevalensi dan karakteristik pasien lansia yang dirawat inap oleh karena gagal jantung.
Metode: Penelitian observasional deskriptif yang menggunakan sampel rekam medik di RSUP Dr. Kariadi pada tahun 2021-2022. Subjek penelitian adalah pasien lansia yang masuk rawat inap oleh karena gagal jantung. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan uji frekuensi dan cross-tabulation di SPSS.
Hasil: Prevalensi rawat inap pasien lansia di RSUP Dr. Kariadi pada tahun 2021- 2022 adalah 3%. Etiologi terbanyak akibat PJK, tipe gagal jantung terbanyak adalah HFrEF, dengan sebagian besar pasien mengalami gangguan fungsi diastolik, terapi seringkali menggunakan >1 golongan obat, dengan golongan obat yang paling sering digunakan adalah ACE-I/ARNI/ARB, golongan lain digunakan sesuai dengan standar terapi gagal jantung serta penyakit penyerta yang paling sering didapati adalah hipertensi dan diabetes.
Kesimpulan: prevalensi pasien yang masuk rawat inap sejumlah 3%. Etiologi terbanyak akibat PJK, tipe gagal jantung terbanyak adalah HFrEF, sebagian besar pasien mengalami gangguan fungsi diastolik, terapi yang paling sering digunakan adalah golongan ACE-I/ARNI/ARB, sesuai dengan standar terapi gagal jantung, serta penyakit penyerta yang paling sering didapati adalah hipertensi dan diabetes
Kata kunci: lansia, gagal jantung, rawat inap, prevalensi, karakteristik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: lansia, gagal jantung, rawat inap, prevalensi, karakteristik.
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Medicine
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 11 Dec 2023 02:15
Last Modified: 11 Dec 2023 02:15
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18639

Actions (login required)

View Item View Item