Search for collections on Undip Repository

Hubungan Tingkat Kecemasan Sebelum Menghadapi OSCE dengan Kualitas Tidur pada Mahasiswa Kedokteran Universitas Diponegoro

Puspitasari, Ester and Fitrikasari, Alifiati and Asikin, Hang Gunawan and Wardani, Natalia Dewi (2023) Hubungan Tingkat Kecemasan Sebelum Menghadapi OSCE dengan Kualitas Tidur pada Mahasiswa Kedokteran Universitas Diponegoro. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (ESTER PUSPITASARI-22010120140067-KTI-ABSTRAK)
ESTER PUSPITASARI-22010120140067-KTI-ABSTRAK.pdf

Download (99kB)

Abstract

Latar belakang : Pendidikan kedokteran adalah salah satu program studi yang membutuhkan tingkat komitmen dan stres yang tinggi. Mahasiswa kedokteran harus menghadapi ujian salah satunya OSCE (Objective Structured Clinical Examination). Mahasiswa kedokteran sering merasa cemas karena beban tugas, tanggung jawab, serta ekspektasi yang tinggi terhadap diri mereka sendiri untuk berhasil dalam ujian ini. Hal ini yang seringkali meningkatkan kecemasan hingga sulit tidur. Penelitian-penelitian sebelumnya menemukan adanya hubungan yang bermakna antara kecemasan dan kualitas tidur, tetapi penelitian serupa belum pernah dilakukan pada mahasiswa Program Studi Kedokteran Universitas Diponegoro.
Tujuan : Mengetahui hubungan tingkat kecemasan sebelum menghadapi OSCE dengan kualitas tidur pada mahasiswa kedokteran Universitas Diponegoro.
Metode : Penelitian observasional analitik dengan rancangan cross sectional. Subyek penelitian sebanyak 133 mahasiswa angkatan 2020-2022 Program Studi Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro dengan metode consecutive sampling. Variabel bebas adalah tingkat kecemasan yang diukur dengan kuesioner Zung Self-rating Anxiety Scale (ZSAS). Variabel terikat adalah kualitas tidur yang diukur dengan kuesioner Pittsburgh Sleep Quality Index (PSQI), dan variabel perancu adalah usia, jenis kelamin, jenjang semester, faktor genetik, variasi pencahayaan tidur dan kondisi fisik.
Hasil : Dari 133 subyek penelitian, terdapat tingkat cemas ringan 20,3%, cemas sedang 60,2%, cemas berat 18%, panik 1,5%. Terdapat pula indeks kualitas tidur buruk 58,6% dan kualitas tidur baik 41,4%. Pada hubungan tingkat kecemasan terhadap kualitas tidur terdapat hubungan bermakna (p= 0,003) dengan arah dan kekuatan hubungannya positif sangat lemah (r = 0,139).
Kesimpulan : Terdapat hubungan bermakna antara tingkat kecemasan sebelum menghadapi OSCE terhadap kualitas tidur pada mahasiswa kedokteran Universitas Diponegoro.
Kata Kunci : Kecemasan, kualitas tidur, mahasiswa kedokteran Universitas Diponegoro

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kecemasan, kualitas tidur, mahasiswa kedokteran Universitas Diponegoro
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Medicine
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 18 Dec 2023 02:30
Last Modified: 18 Dec 2023 02:30
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18626

Actions (login required)

View Item View Item