FADILLA, AULIA RAHMA (2022) Hubungan Electronic Word of Mouth Di @theswoonnetflix Dengan Minat Berlangganan Netflix. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.
Text
COVER.pdf - Submitted Version Download (621kB) |
|
Text
BAB 1.pdf - Submitted Version Download (625kB) |
|
Text
BAB 2.pdf - Submitted Version Download (866kB) |
|
Text
BAB 3.pdf - Submitted Version Download (571kB) |
|
Text
BAB 4.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (408kB) |
|
Text
BAB 5.pdf - Submitted Version Download (235kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Download (485kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (733kB) |
Abstract
Netflix membuat inovasi baru dengan The Swoon, sebuah komunitas bagi
penggemar tayangan Korea Netflix di seluruh dunia. Memanfaatkan instagram
untuk berbagi hal-hal mengenai tayangan Korea Netflix, The Swoon berhasil
memicu pembicaraan secara online atau e-WOM. E-WOM memiliki beberapa
dimensi, di antaranya adalah intensitas yang berkaitan dengan keterlibatan dalam
e-WOM, isi dari e-WOM itu sendiri yang berkaitan dengan daya tarik, serta valensi
positif. Meski berhasil memicu e-WOM, pelanggan Netflix di Indonesia nyatanya
masih lebih sedikit dibandingkan beberapa pesaing lainnya. Bahkan, Netflix telah
beberapa kali gagal mencapai target penambahan pelanggan baru hingga
kehilanggan pelanggan secara global. Tujuan dari penelitian ini kemudian untuk
mengetahui apakah terdapat hubungan antara intensitas keterlibatan, daya tarik, dan
valensi positif pada electronic word of mouth di @theswoonnetflix dengan minat
berlangganan Netflix.
Populasi dalam penelitian kuantitatif eksplanatori ini adalah laki-laki dan
perempuan yang tinggal di Indonesia, mengikuti @theswoonnetflix di instagram,
pernah melihat atau terlibat dalam pembicaraan mengenai Netflix dan tayangan
Koreanya di akun @theswoonnetflix, berusia 18 – 44 tahun, serta tidak pernah atau
tidak sedang berlangganan Netflix. Sampel yang digunakan berjumlah 100
responden dengan teknik pengambilan sampel nonprobability. Untuk teori yang
digunakan adalah Teori Lingkungan Informasi Pembeli.
Hasil pengujian dengan menggunakan uji korelasi Kendall’s tau_b
menunjukkan hubungan antara intensitas keterlibatan pada e-WOM di
@theswoonnetflix dengan minat berlangganan Netflix memiliki nilai signifikansi
sebesar 0,000 yang berarti sangat signifikan serta koefisien korelasi sebesar 0,690
yang berarti keduanya memiliki tingkat keeratan hubungan yang kuat. Kemudian,
hubungan antara daya tarik e-WOM di @theswoonnetflix dengan minat
berlangganan Netflix juga memiliki nilai signifikansi sebesar 0,000 atau sangat
signifikan serta koefisien korelasi sebesar 0,685 yang artinya keduanya memiliki
tingkat keeratan hubungan yang kuat. Selanjutnya, hubungan antara valensi positif
e-WOM di @theswoonnetflix dengan minat berlangganan Netflix memiliki nilai
signifikansi sebesar 0,000 yang berarti sangat signifikan serta koefisien korelasi
sebesar 0,601 yang berarti keduanya memiliki tingkat keeratan hubungan yang
kuat. Seluruh koefisien korelasi dari ketiga pengujian korelasi di atas bernilai positif
yang menunjukkan hubungan yang searah.
Kata Kunci: Intensitas Keterlibatan Pada Electronic Word Of Mouth, Daya
Tarik Electronic Word Of Mouth, Valensi Positif Electronic Word Of Mouth, Minat Berlangganan.
NO.89KOM2022
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication |
Depositing User: | diana nirwani |
Date Deposited: | 15 Jan 2024 02:29 |
Last Modified: | 15 Jan 2024 02:29 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18618 |
Actions (login required)
View Item |