Search for collections on Undip Repository

EFEKTIVITAS PENAGIHAN PAJAK AKTIF SEBAGAI UPAYA MEMINIMALISIR TUNGGAKAN PAJAK PADA KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA MATRAMAN JAKARTA TIMUR._008 HAN 2023

Kusumah, Revian Audya Atmaja and Sa’adah, Nabitatus and Ispriyarso, Budi (2023) EFEKTIVITAS PENAGIHAN PAJAK AKTIF SEBAGAI UPAYA MEMINIMALISIR TUNGGAKAN PAJAK PADA KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA MATRAMAN JAKARTA TIMUR._008 HAN 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Efektivitas penagihan aktif yang dilaksanakan oleh jurusita Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Matraman Jakarta Timur selama 3 tahun ke belakang. Upaya meningkatkan kepatuhan Wajib Pajak dapat tercapai dengan melaksanakan tindakan penagihan pajak. Adanya tunggakan pajak pada 3 tahun terakhirmembuktikan bahwa realisasi laporan penerimaan anggaran, khususnya pada sektor perpajakan memberikan suatu realitas yang begitu fluktuatif. Fakta di lapangan cenderung menunjukkan gambaran yang kurang optimal yang disebabkan oleh kurang efektifnya upaya penagihan pajak aktif yang dilakukan oleh jurusita.
Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui tingkat efektivitas penagihan pajak aktif sebagai upaya meminimalisir tunggakan pajak di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Matraman Jakarta timur. Kemudian juga guna mengetahui dan menganalisis kendala dan upaya fiskus dalam melaksanakan penagihan secara aktif sebagai upaya meminimalisir tunggakan pajak di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Matraman Jakarta timur. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis empiris, maka metode pengumpulan data yang digunakan menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara dengan responden sedangkan data sekunder yang digunakan adalah studi kepustakaan. Analisis data dilakukan dengan cara interpretasi data yaitu kualitatif dengan didukung data kuantitatif, yaitu menguraikan data hasil penelitian bukan berupa angka-angka namun berupa kata-kata naratif (argumentasi linguistik non statistik). Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1) realisasi pencairan utang pajak melalui upaya penagihan aktif dalam 3 (tiga) tahun terakhir menunjukkan bahwa pencairan pajak di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Matraman Jakarta Timur tidak pernah mencapai angka yang efektif. (2) Kendala antara lain keberadaan Wajib Pajak/ Penanggung Pajak yang tidak ditemukan, tidak terdapat aset Wajib Pajak/ Penanggung Pajak yang masih tersisa untuk melunasi utang pajaknya, terdapat beberapa Wajib Pajak/ Penanggung Pajak yang kurang edukatif dan kooperatif.

Kata Kunci : KPP Matraman; Efektivitas; Tunggakan Pajak; Penagihan Pajak; dan Pencairan Pajak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 19 Dec 2023 02:31
Last Modified: 19 Dec 2023 02:31
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18617

Actions (login required)

View Item View Item