Search for collections on Undip Repository

Pengaruh Kelembapan Udara terhadap Kejadian Akne Vulgaris pada Mahasiswi Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro

Prakosa, Naura Nindya Larasati and Widyawati, Widyawati and Afriliana, Liza (2023) Pengaruh Kelembapan Udara terhadap Kejadian Akne Vulgaris pada Mahasiswi Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (ABSTRAK-KTI)
Abstrak KTI Naura Nindya Larasati Prakosa.pdf

Download (8kB)

Abstract

Latar belakang : Akne vulgaris dapat disebabkan karena banyak hal, salah satunya adalah tingkat kelembapan udara yang tinggi. Terlebih lagi kondisi iklim di Indonesia yang tropis, menyebabkan cuaca panas dan lembap yang mampu memicu pengeluaran keringat terus-menerus dan menyebabkan kulit menjadi kurang penguapan, sehingga kelenjar sebasea bekerja lebih keras dan kemudian terjadi peningkatan produksi sebum. Adanya ketidakseimbangan antara kapasitas dengan produksi sebum dapat menyebabkan keadaan akne vulgaris menjadi lebih buruk. Hal tersebut menghubungkan antara tingkat kelembapan udara dengan munculnya akne vulgaris terutama pada mahasiswi Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro.
Tujuan : Membuktikan adanya hubungan tingkat kelembapan udara terhadap kejadian akne vulgaris pada mahasiswi Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro.
Metode : Jenis penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan desain penelitian cross-sectional. Pengelompokan sampel penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Data penelitian akan dikelola dan dianalisis menggunakan program IBS SPSS Statistics.
Hasil : Dari 43 subjek penelitian didapatkan bahwa 42 responden (97,7%) berada pada lingkungan dengan tingkat kelembapan yang baik dan terdapat 1 responden (2,3%) yang berada pada lingkungan dengan tingkat kelembapan yang lembap. Didapatkan adanya hubungan yang tidak bermakna antara tingkat kelembapan udara dengan kejadian akne vulgaris (p=0,860 (<0,05)) pada mahasiswi Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro.
Kesimpulan : Penelitian ini membuktikan bahwa terdapat adanya hubungan yang tidak bermakna antara tingkat kelembapan udara dengan kejadian akne vulgaris (p=0,860 (<0,05)) pada mahasiswi Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro.
Kata kunci : Akne vulgaris, kelembapan udara, mahasiswi Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Akne vulgaris, kelembapan udara, mahasiswi Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Medicine
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 13 Dec 2023 03:03
Last Modified: 13 Dec 2023 03:03
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18581

Actions (login required)

View Item View Item