Search for collections on Undip Repository

Penerapan Metode Fuzzy Time Series Chen Orde Tinggi Dan Single Exponential Smoothing Untuk Peramalan Harga Penutupan Saham BRI (BBRI)

Hendiastika, Calista (2023) Penerapan Metode Fuzzy Time Series Chen Orde Tinggi Dan Single Exponential Smoothing Untuk Peramalan Harga Penutupan Saham BRI (BBRI). Undergraduate thesis, UNDIP.

[img] Text
File 1 - Calista Hendiastika.pdf

Download (2MB)
[img] Text
File 2 - Calista Hendiastika.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (861kB) | Request a copy
[img] Text
DAFPUS - Calista Hendiastika.pdf

Download (124kB)

Abstract

"Saham adalah bukti kepimilikan berbentuk lembaran kertas yang dimiliki oleh para investor dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan. Bank Rakyat Indonesia (BRI) merupakan salah satu bank terbesar yang dimiliki oleh Indonesia, saham BRI (BBRI) menjadi salah satu jenis saham yang diminati oleh investor dikarenakan BBRI termasuk ke dalam LQ45 atau jenis saham yang memiliki reputasi baik. Sebelum membeli saham para investor perlu mengetahui apakah harga saham tersebut akan naik atau turun. Metode peramalan dapat digunakan untuk mengetahui harga saham periode berikutnya. Fuzzy Time Series (FTS) dan Single Exponential Smoothing merupakan metode peramalan yang menggunakan data historis kemudian diproyeksikan ke data yang akan datang. Tugas Akhir ini dilakukan analisis harga penutupan saham BRI menggunakan metode FTS Orde Satu, FTS Orde Dua, dan Single Exponential Smoothing untuk mengetahui harga penutupan saham BRI periode selanjutnya. Berdasarkan hasil analisis penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ketiga metode tersebut memiliki performansi yang sama-sama baik dengan nilai AFER kurang dari 10%. Hasil peramalan harga penutupan saham BRI tanggal 28 Maret 2023 menggunakan FTS Orde Satu sebesar 4778, FTS Orde Dua sebesar 4764, dan menggunakan Single Exponential Smoothing sebesar 4744.

Kata Kunci : Saham, Peramalan, Fuzzy Time Series, Orde Tinggi, Single Exponential Smoothing"

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Sciences and Mathemathic
Divisions: Faculty of Science and Mathematics > Department of Mathematics
Depositing User: Nurcahya Yulian
Date Deposited: 07 Dec 2023 06:44
Last Modified: 07 Dec 2023 06:44
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18571

Actions (login required)

View Item View Item