Search for collections on Undip Repository

Hubungan Konsumsi Makanan Sumber Omega 3 dan Vitamin D dengan Skor Keparahan Dismenore Pada Mahasiswi Gizi Universitas Diponegoro

Nindiaswin, Sania and Margawati, Ani and Sandi Wijayanti, Hartanti and Widyastuti, Nurmasari Hubungan Konsumsi Makanan Sumber Omega 3 dan Vitamin D dengan Skor Keparahan Dismenore Pada Mahasiswi Gizi Universitas Diponegoro. -. (Unpublished)

[img] Text
Abstrak-Sania Nindiaswin.pdf

Download (184kB)

Abstract

ABSTRAK
Latar Belakang : Dismenore merupakan kondisi nyeri pada perut bagian bawah yang terjadi saat menstruasi. Dismenore banyak dialami perempuan usia 15-25 tahun, termasuk pada kelompok mahasiswi. Mahasiswi gizi memiliki pengetahuan gizi yang dapat mempengaruhi asupan makannya. Asupan omega 3 dan vitamin D berperan dalam mengatur keseimbangan hormonal pada perempuan yang mungkin mempengaruhi dismenore.
Tujuan : Mengetahui hubungan konsumsi makanan sumber omega 3 dan vitamin D dengan skor keparahan dismenore pada mahasiswi gizi.
Metode : Desain penelitian menggunakan cross sectional dengan sampel 60 mahasiswi aktif S1 Gizi Universitas Diponegoro yang dipilih secara consecutive sampling. Variabel penelitian antara lain skor keparahan dismenore, konsumsi makanan sumber omega 3, vitamin D, omega 6, vitamin B1, vitamin B6, vitamin E, kalsium, magnesium, zat besi, dan seng, usia menarche, riwayat dismenore keluarga, aktivitas fisik, status gizi, dan paparan sinar UVB. Data dianalisis menggunakan uji korelasi rank spearman dan uji regresi linear berganda.
Hasil : Sebagian besar subjek mengalami dismenore tingkat ringan (35%) dan sedang (36,7%). Mayoritas konsumsi makanan sumber omega 3 (73,3%) dan vitamin D (96,7%) subjek kurang. Konsumsi makanan sumber omega 3 (p=0,835) dan vitamin D (p=0,530) tidak berhubungan dengan skor keparahan dismenore. Sementara itu paparan sinar UVB berhubungan dengan skor keparahan dismenore (p=0,048) dengan β=-0,151.
Simpulan : Konsumsi makanan sumber omega 3 dan vitamin D tidak berhubungan dengan skor keparahan dismenore.

Kata Kunci : Skor Keparahan Dismenore, Omega 3, Vitamin D, Mahasiswi

Item Type: Article
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Depositing User: Pustakawan Gizi
Date Deposited: 07 Dec 2023 01:10
Last Modified: 07 Dec 2023 01:10
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18560

Actions (login required)

View Item View Item