Radana, Rafif Ghaffar (2022) Hubungan Terpaan Promosi Penjualan pada Instagram @Workfoodhappy dan Terpaan Online Customer Review Pada Google Review dengan Keputusan Pembelian di Work Food Happy Café 72KOM2022. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.
Text
COVER.pdf - Submitted Version Download (331kB) |
|
Text
BAB I.pdf - Submitted Version Download (428kB) |
|
Text
BAB II.pdf - Submitted Version Download (525kB) |
|
Text
BAB III.pdf - Submitted Version Download (409kB) |
|
Text
BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (119kB) |
|
Text
BAB V.pdf - Submitted Version Download (9kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Download (79kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (339kB) |
Abstract
Berkembangnya bisnis kafe di Semarang, membuat kafe-kafe di Semarang
berlomba untuk meningkatkan daya jualnya. Work Food Happy Café adalah salah
satu Café di Semarang yang baru lahir pada 25 Agustus 2020. Untuk menarik
konsumen, WFH Café menggunakan promosi penjualan melalui Instagramnya.
Selain itu WFH Café menggunakan Google Review untuk wadah para konsumen
yang sudah pernah datang untuk mengulas WFH Café. Dalam perjalanannya, WFH
Café setiap bulan mengeluarkan promosi penjualan untuk merangsang konsumen
agar datang. Begitu juga dengan ulasan yang cukup baik di Google Review. Kedua
hal tersebut digunakan untuk meningkatkan konsumen agar datang dan melakukan
pembelian di WFH Café serta tercapainya target penjualan yang sudah ditentukan.
Tetapi, setelah upaya yang dilakukan oleh WFH Café, penjualan WFH Café terlihat
fluktuatif dan di beberapa bulan tidak mencapai target yang sudah ditentukan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan terpaan
promosi penjualan yang dilakukan oleh Work Food Happy melalui Instagram dan
terpaan Online Customer Review pada Google Review secara simultan dengan
keputusan pembelian di WFH Café.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan tipe penelitian eksplanatori.
Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pria atau wanita dengan usia 21
– 55 tahun yang pernah terkena terpaan promosi penjualan pada akun instagram
@workfoodhappy dan pernah membaca Online Customer Review mengenai Work
Food Happy café pada Google Review. Penelitian ini menggunakan teknik
pengambilan sample non-probabililty melalui purposive sampling dengan jumlah
responden 100 orang. Teori yang digunakan adalah Elaboration Likelihood Model.
Hasil Uji Hipotesis menggunakan korelasi ganda melalui aplikasi SPSS
menunjukan bahwa adanya hubungan yang positif antara terpaan promosi penjualan
pada instagram @workfoodhappy dan terpaan Online Customer Review pada
google review dengan keputusan pembelian, dikarenakan nilai signifikansinya
sebesar 0,038 serta mendapatkan koefisien korelasi sebesar 0,243 yang berarti
memiliki keeratan yang lemah.
Kata Kunci: Terpaan Promosi Penjualan, Terpaan Online Customer Review, dan
Keputusan Pembelian
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication |
Depositing User: | diana nirwani |
Date Deposited: | 07 Dec 2023 01:54 |
Last Modified: | 07 Dec 2023 01:54 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18553 |
Actions (login required)
View Item |