Search for collections on Undip Repository

ANALISIS YURIDIS PERLINDUNGAN DATA KONSUMEN PADA PERUSAHAAN PENGOLAH DATA KEUANGAN PERSONAL (PERSONAL FINANCIAL PLANNING) PT SAHABAT FINANSIAL KAMU (FINKU)._200 Dagang 2023

Puspita, Fransisca Winda and Prananingtyas, Paramita and Rahmanda, Bagus (2023) ANALISIS YURIDIS PERLINDUNGAN DATA KONSUMEN PADA PERUSAHAAN PENGOLAH DATA KEUANGAN PERSONAL (PERSONAL FINANCIAL PLANNING) PT SAHABAT FINANSIAL KAMU (FINKU)._200 Dagang 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Indonesia sudah memiliki berbagai perusahaan start-up Financial Technology (Fintech) mulai dari Peer to Peer Lending (P2P), crowdfunding, Digital Payment System, dan Microfinancing. PT. Sahabat Finansial Kamu (Finku) adalah salah satunya yang berfokus dalam personal finance. Finku adalah aplikasi manajemen keuangan untuk membantu masyarakat Indonesia mengatur keuangannya dengan berbagai fitur yang disediakan. Dalam pelaksanaannya tentu Finku sudah memikirkan terkait permasalahan yang dapat timbul serta pencegahannya agar Pengguna aplikasi mereka dapat merasa nyaman dalam mencatat dan mensikronisasikan secara otomatis transaksi dalam akun keuangan Pengguna. Lalu, metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah yuridis-normatif menggunakan metode studi kepustakaan yaitu pengumpulan data sekunder berupa bahan hukum primer, sekunder, dan tersier. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif analitis. Berdasarkan hasil penelitian, dalam pelaksanaan pemberian jasa dan produk dari Finku sudah sesuai dengan peraturan perundang-undangan di Indonesia melalui platform aplikasi mereka. Finku juga sudah tercatat dan diawasi oleh beberapa lembaga di Indonesia. Finku juga telah menggunakan metode enkripsi yang setara dengan bank serta aplikasi finansial ternama nasional dan internasional untuk keamanan data pribadi para penggunanya.
Kata Kunci: Financial Technology, Perlindungan Data Pribadi, Finku

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 19 Dec 2023 03:04
Last Modified: 19 Dec 2023 03:04
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18552

Actions (login required)

View Item View Item