Maulana, Rizky (2023) IMPLIKASI STRUKTUR RUANG KOTA DAN TEORI LIMA KEPRIBADIAN TERHADAP PERILAKU KESELAMATAN BERKENDARA (STUDI KASUS: PELAJAR PENGGUNA SEPEDA MOTOR DI SUBPUSAT KOTA SEMARANG). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO; FAKULTAS TEKNIK.
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak Rizky Maulana.pdf Download (10kB) |
Abstract
Pelajar SMA merupakan kelompok yang paling banyak terlibat dalam kecelakaan lalu lintas, dengan total
korban di Indonesia sebanyak 80.641 orang pada tahun 2020. Kebanyakan dari mereka, terlibat dalam
kecelakaan lalu lintas dengan menggunakan sepeda motor, yang mana sepeda motor sendiri merupakan
kendaraan penyumbang angka kecelakaan tertinggi di Indonesia. Sepeda motor terlibat dalam 73% dari total
103.645 kecelakaan yang terjadi di Indonesia pada tahun 2021. Perilaku keselamatan berkendara yang buruk
ditengarai menjadi penyebab banyaknya kecelakaan lalu lintas yang melibatkan pelajar SMA. Penelitian
terdahulu mengemukakan bahwa kondisi struktur ruang yang buruk dapat memengaruhi perilaku perjalanan.
Selain itu, Teori Kepribadian Big Five juga memiliki pengaruh terhadap perilaku keselamatan berkendara.
Subpusat Kota Semarang telah terindikasi mengalami sprawl, karena itu penelitian ini dilakukan di Subpusat
Kota Semarang
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Engineering Engineering > Urban and Regional Planning |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Urban and Regional Planning |
Depositing User: | nurohmi pwk |
Date Deposited: | 06 Dec 2023 04:45 |
Last Modified: | 06 Dec 2023 04:45 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18543 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |