Search for collections on Undip Repository

PERBANDINGAN TINGKAT KEBERHASILAN PEMASANGAN KANULASI ARTERI LINE MENGGUNAKAN TEKNIK ULTRASOUND LONG AXIS DIBANDINGKAN TEKNIK KONVENSIONAL PALPASI PADA PASIEN OPERASI ELEKTIF

Hasyim, Roiz and Jatmiko, Heru Dwi and Mochamat, Mochamat (2023) PERBANDINGAN TINGKAT KEBERHASILAN PEMASANGAN KANULASI ARTERI LINE MENGGUNAKAN TEKNIK ULTRASOUND LONG AXIS DIBANDINGKAN TEKNIK KONVENSIONAL PALPASI PADA PASIEN OPERASI ELEKTIF. Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (Abstrak Thesis)
Abstrak Thesis.pdf

Download (7kB)

Abstract

Latar Belakang: Pemasangan dari kateter arterial sebagai akses vaskuler terkadang secara teknis menjadi sebuah tantangan bagi para klinisi. Jumlah percobaan pemasangan akses perifer telah diasosiasikan dengan tingkat kegagalan dan komplikasi yang lebih tinggi. Pemasangan akses perifer pada umumnya bergantung pada teknik palpasi dari struktur vaskuler secara langsung. Kemajuan teknologi ultrasound berpotensi meningkatkan angka keberhasilan dan meminimalisir risiko komplikasi.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan tingkat keberhasilan pemasangan kanulasi arteri line menggunakan teknik ultrasound dan teknik palpasi.
Metode: Penelitian eksperimental acak terkontrol melibatkan pasien yang menjalani operasi elektif. Subjek penelitian dikelompokan berdasarkan teknik yang digunakan, yakni ultrasound dan palpasi. Seluruh pemasangan akses arteri dilakukan oleh residen Anestesiologi dan Terapi Intensif dengan tingkat kompetensi pin hijau pada arteri radialis pasien. Tingkat keberhasilan dinilai berdasarkan waktu dan jumlah percobaan pemasangan. Hasil dianggap signifikan pada nilai p < 0,05.
Hasil: Sebanyak 46 pasien diinklusikan dalam penelitian dengan usia dan indeks massa tubuh yang serupa. Lama pemasangan akses arteri perifer secara signifikan lebih singkat pada kelompok ultrasound dibandingkan palpasi (38,04 ± 18,22 vs 74,29 ± 26,94 detik; p<0,001). Operator yang menggunakan teknik ultrasound membutuhkan jumlah percobaan yang secara signifikan lebih sedikit dibandingkan dengan palpasi (1,33 ± 0,56 vs 2,46 ± 1,06 percobaan; p<0,001).
Kesimpulan: Tingkat keberhasilan pemasangan akses arteri perifer secara signifikan lebih tinggi pada penggunaan teknik ultrasound dibandingkan dengan teknik palpasi.
Kata kunci: Akses arteri perifer, ultrasound, palpasi, arteri radialis, tingkat keberhasilan

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Akses arteri perifer, ultrasound, palpasi, arteri radialis, tingkat keberhasilan
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Master Program of Specialist Medical
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 06 Dec 2023 03:56
Last Modified: 06 Dec 2023 03:56
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18538

Actions (login required)

View Item View Item