Search for collections on Undip Repository

PERBANDINGAN ANTARA LAPAROSKOPI TOTALLY EXTRAPERITONEAL DENGAN LICHTENSTEIN HERNIORAFI HERNIA INGUINAL (Kajian: Nyeri Akut Post Operasi, Lama Perawatan, Komplikasi Jangka Pendek Infeksi dan Seroma)

Hatmono, Faninta Alvida and Mughni, Abdul (2023) PERBANDINGAN ANTARA LAPAROSKOPI TOTALLY EXTRAPERITONEAL DENGAN LICHTENSTEIN HERNIORAFI HERNIA INGUINAL (Kajian: Nyeri Akut Post Operasi, Lama Perawatan, Komplikasi Jangka Pendek Infeksi dan Seroma). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (FANINTA ALVIDA HATMONO-22010120120043-KTI-ABSTRAK)
FANINTA ALVIDA HATMONO-22010120120043-KTI-ABSTRAK.pdf

Download (11kB)

Abstract

Latar Belakang: Lebih dari 800.000 tindakan hernia repair dilakukan setiap tahun. Kasus tersering adalah hernia inguinalis. Terdapat beberapa metode operasi hernia yang bisa dilakukan yaitu laparoskopi Totally extraperitoneal (TEP) dan Lichtenstein herniorafi yang menjadi gold standar. Pemilihan teknik operasi memiliki beberapa pertimbangan seperti nyeri pasca operasi, waktu, rekurensi, dan komplikasi.

Tujuan: Untuk mengetahui perbedaan laparoskopi Totally extraperitoneal (TEP) herniorafi dan Lichtenstein herniorafi di RSUP Dr. Kariadi dan RSND.

Metode: Penelitian ini adalah penelitian dengan pendekatan observasional-analitik cross sectional. Sampel yang digunakan yaitu rekam medis dari RSUP Dr. Kariadi Semarang dan RS Nasional Diponegoro pada rentang Januari 2017 - Desember 2022. Sesuai rumus penelitian analitis kategoril-numerik digunakan 24 sampel. Uji statistik mengenakan uji normalitas shapiro-wilk, selanjutnya menggunakan uji non-parametrik chi square test dan uji mann whitney.

Hasil: Nyeri post operasi antara 12 sampel TEP dengan 12 sampel Lichtenstein ada perbedaan signifikan (p=0,012). Lama perawatan antara TEP dengan Lichtenstein terdapat berbedaan yang signifikan (p=0,018). Komplikasi jangka pendek infeksi ada perbedaan signifikan (p=0,012) sedangkan komplikasi seroma antara TEP dengan Lichtenstein tidak terdapat berbedaan signifikan (p=0,307).

Kesimpulan: Perbandingan antara TEP dengan Lichtenstein terdapat perbedaan signifikan pada nyeri post operasi, lama perawatan, dan komplikasi jangka pendek infeksi, sedangkan komplikasi jangka pendek seroma tidak ditemukan perbedaan yang signifikan.

Kata kunci: Herniorafi, Tottaly extraperitoneal, Lichtenstein, Nyeri Post Operasi, Lama Perawatan, Komplikasi Jangka Pendek Infeksi dan Seroma

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Herniorafi, Tottaly extraperitoneal, Lichtenstein, Nyeri Post Operasi, Lama Perawatan, Komplikasi Jangka Pendek Infeksi dan Seroma
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Medicine
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 06 Dec 2023 03:35
Last Modified: 06 Dec 2023 03:35
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18532

Actions (login required)

View Item View Item