Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN REGULASI DIRI DALAM BELAJAR DENGAN RESILIENSI AKADEMIK SISWA KELAS X

Tauhid, Yasmin Zahra and Kaloeti, Dian Veronika Sakti (2023) HUBUNGAN REGULASI DIRI DALAM BELAJAR DENGAN RESILIENSI AKADEMIK SISWA KELAS X. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
Abstrak_Yasmin Zahra Tauhid_15000119120062.pdf

Download (91kB)

Abstract

Siswa berpotensi mengalami masalah berkaitan dengan tuntutan akademik dan tugas perkembangan mereka sebagai remaja. Permasalahan ini membuat siswa menjadi rentan stres. Siswa memerlukan suatu kemampuan yang disebut resiliensi akademik untuk menghadapi kondisi stressful. Kajian literatur membuktikan adanya kaitan antara efikasi diri dengan resiliensi akademik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan secara empiris hubungan antara regulasi diri dalam belajar dengan resiliensi akademik siswa kelas X. Populasi penelitian merupakan siswa kelas X dengan jumlah 408 siswa dan 119 siswa terlibat sebagai partisipan penelitian. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan non-random tepatnya sampling insidental. Alat ukur yang digunakan adalah Skala Resiliensi Akademik (17 aitem, α = 0,833) dan Skala Regulasi Diri dalam Belajar (22 aitem, α = 0,866). Uji analisis non-parametrik Spearman’s Rho menunjukkan bahwa terdapat korelasi positif antara variabel spiritualitas dan variabel resiliensi, dengan rs (117) = 0,542, p < 0,001. Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara kedua variabel, apabila semakin tinggi tingkat regulasi diri dalam belajar siswa, maka semakin tinggi pula tingkat resiliensi akademiknya, dan sebaliknya.

Kata kunci: regulasi diri dalam belajar, resiliensi akademik, siswa SMA

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Fakultas Psikologi
Date Deposited: 05 Feb 2024 07:15
Last Modified: 05 Feb 2024 07:15
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18528

Actions (login required)

View Item View Item