Search for collections on Undip Repository

PENGARUH CITRA MEREK GREEN AND CLEAN BEAUTY DAN TERPAAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH (eWOM) DI TWITTER TERHADAP TINGKAT KETERLIBATAN DALAM PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KECANTIKAN LOKAL AVOSKIN 59KOM2022

KRISTIYANTO, NADYA PUTRI (2022) PENGARUH CITRA MEREK GREEN AND CLEAN BEAUTY DAN TERPAAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH (eWOM) DI TWITTER TERHADAP TINGKAT KETERLIBATAN DALAM PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KECANTIKAN LOKAL AVOSKIN 59KOM2022. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
Cover.pdf - Submitted Version

Download (687kB)
[img] Text
Bab 1.pdf - Submitted Version

Download (557kB)
[img] Text
Bab 2.pdf - Submitted Version

Download (476kB)
[img] Text
Bab 3.pdf - Submitted Version

Download (709kB)
[img] Text
Bab 4.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (353kB)
[img] Text
Bab 5.pdf - Submitted Version

Download (290kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (140kB)

Abstract

Meski mencatat penjualan yang tidak rendah, merek perawatan kulit lokal
Avoskin masih belum mampu menembus Top Brand Index dan jajaran merek
terlaris. Dalam pemasaran, citra merek positif serta penyebaran Electronic Word
of Mouth (eWOM) di media sosial seperti Twitter terkait suatu produk dapat
menjadi faktor yang mengarahkan konsumen ke proses pengambilan keputusan
pembelian.
Penelitian ini bertujuan demi mengetahui pengaruh citra merek green and
clean beauty dan terpaan eWOM di Twitter terhadap tingkat keterlibatan dalam
proses pengambilan keputusan pembelian produk Avoskin. Untuk menjabarkan
pengaruh X1 terhadap Y, penelitian ini menggunakan Teori Reasoned Action dari
Martin Fishbein, sementara untuk menjelaskan pengaruh X2 terhadap Y, yang
dipakai adalah Teori Traditional Word of Mouth dari George Silverman.
Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik nonprobability sampling,
tepatnya purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah perempuan
berusia 17-35 tahun yang mengikuti topik kecantikan di Twitter.
Uji hipotesis dilakukan menggunakan analisis regresi linear berganda.
Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh citra merek green and
clean beauty dan terpaan eWOM di Twitter terhadap tingkat keterlibatan dalam
proses pengambilan keputusan pembelian produk Avoskin dengan nilai
signifikansi masing-masing sebesar 0,001 dan 0,000 serta t hitung masing-masing
sebesar 3,347 dan 4,321. Berdasarkan uji koefisien determinasi dari ketiga
variabel, didapatkan hasil bahwa variabel citra merek green and clean beauty dan
terpaan eWOM di Twitter memengaruhi tingkat keterlibatan dalam proses
pengambilan keputusan pembelian produk Avoskin secara simultan sebesar
37,8%. Teori Reasoned Action dan Traditional Word of Mouth terbukti dengan
adanya hasil bahwa citra merek green and clean beauty yang positif dan terpaan
eWOM yang tinggi di Twitter dapat mendorong konsumen ke perilaku
keterlibatan dalam proses pengambilan keputusan pembelian.
Keywords: Citra Merek; Electronic Word of Mouth, Twitter, Tingkat Keterlibatan
dalam Proses Pengambilan Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 05 Dec 2023 07:10
Last Modified: 05 Dec 2023 07:10
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18523

Actions (login required)

View Item View Item