Search for collections on Undip Repository

PENGARUH PEMBERIAN SERUM HERBAL NANOGOLD TERHADAP PRESENTASE KOLAGEN DAN JUMLAH FIBROBLAST KULIT MENCIT BALB/C YANG DIINDUKSI RADIASI ULTRAVIOLET

Auladwasasyah, Jawahir and Kusumaningrum, Novi and Muniroh, Muflihatul and Istiadi, Hermawan (2023) PENGARUH PEMBERIAN SERUM HERBAL NANOGOLD TERHADAP PRESENTASE KOLAGEN DAN JUMLAH FIBROBLAST KULIT MENCIT BALB/C YANG DIINDUKSI RADIASI ULTRAVIOLET. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (ABSTRAK_KTI)
ABSTRAK_KTI.pdf

Download (15kB)

Abstract

Latar Belakang: Kulit merupakan bagian dalam tubuh yang memiliki fungsi untuk proteksi tubuh bagian luar dengan menjadi barrier fisik pertama terhadap lingkungan termasuk dari radiasi ultraviolet (UV). Radiasi UV dapat mengurangi jumlah presentase kolagen dan fibroblas dalam kulit yang membuat kulit lebih mudah keriput dan berkurang elastisitasnya. Nanogold bermanfaat untuk anti-aging, meningkatkan kekencangan dan elastisitas kulit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek serum herbal Nanogold terhadap presentase kolagen dan jumlah fibroblast pada mencit Balb/c yang diinduksi oleh radiasi UV.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian true experimental dengan desain pre and post test control grup design pada mencit. Subjek penelitian adalah 30 ekor mencit Balb/c yang dibagi dalam 5 kelompok. Pemberian serum herbal Nanogold dengan dosis 5 ppm dan 10 ppm selama 6 minggu dengan jangka waktu 2 hari sekali secara dioleskan di kulit bagian punggung yang sudah dicukur rambutnya terlebih dahulu. Analisis statistik dilakukan untuk mengetahui perbedaan antar kelompok sesudah perlakuan.
Hasil: Pemberian serum herbal Nanogold dengan dosis 10 ppm dapat meningkatkan kolagen secara signifikan dengan perbandingan dari kontrol positif dan kelompok perlakuan sejumlah 67,50 ± 5,00% menjadi 75,33 ± 4,47%. Perbandingan efek ketiga kelompok perlakuan tidak signifikan(p>0.05). Pemberian ketiga kelompok perlakuan dapat meningkatkan jumlah fibroblas secara signifikan (p<0,05) masing-masing dari 18,50 ± 1,90 menjadi 22,33 ± 1,74; 22,60 ± 3,02; 21,13 ± 2,04.
Kesimpulan: Dapat disimpulkan bahwa serum herbal Nanogold dapat meningkatkan presentase kolagen dan jumlah fibroblast.

Kata Kunci: serum herbal, Nanogold, Kolagen, Fibroblas, Radiasi UV

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Serum Herbal, Nanogold, Kolagen, Fibroblas, Radiasi UV
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Medicine
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 05 Dec 2023 02:07
Last Modified: 05 Dec 2023 02:07
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18509

Actions (login required)

View Item View Item