Putra, Nicholas Rhistondea Pradana (2022) Pengaruh Terpaan Konten Celebrity Endorsement di Sosial Media Dan Brand Ambassador Terhadap Minat Beli Produk Kosmetik Scarlett Whitening 53KOM2022. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.
Text
Cover.pdf - Submitted Version Download (349kB) |
|
Text
BAB 1.pdf - Submitted Version Download (780kB) |
|
Text
BAB 2.pdf - Submitted Version Download (290kB) |
|
Text
BAB 3.pdf - Submitted Version Download (275kB) |
|
Text
BAB 4.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (113kB) |
|
Text
BAB 5.pdf - Submitted Version Download (36kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (69kB) |
Abstract
Indonesia diprediksi akan menjadi pasar kosmetik terbesar kelima didunia
dalam 5 tahun mendatang, namun situasi tersebut belum diimbangi dengan jumlah
brand kosmetik dalam negeri yang dapat bersaing dengan berbagai produk kosmetik
dari Korea dan Jepang yang memiliki pangsa pasar sangat besar di Indonesia. Salah
satu merek kosmetik lokal yang cukup menyita perhatian masyarakat di sosial media
adalah Scarlett Whitening yang cukup gencar melakukan promosi dengan melakukan
kerjasama dengan celebrity endorser di sosial media dan menunjuk brand ambassador
yang cukup populer yaitu aktor Song Jong Ki dan Grup Girlband TWICE dari Korea
Selatan.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh
terpaan konten celebrity endorser di sosial media dan brand ambassador terhadap minat
beli produk kosmetik Scarlett Whitening. Teori yang digunakan adalah Advertising
Exposure dan model VisCAP. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah
80 repsonden dengan kriteria usia 20-35 tahu, berdomisili di Pulau Jawa, terkena
terpaan celebrity endorser Scarlett Whitening dan Brand Ambassador Scarlett
Whitening dalam 3 bulan terakhir sebelum periode penelitian. Hasil uji regresi
sederhana menunjukan bahwa terpaan konten celebrity endorser di sosial media
memiliki signifikansi poin 0.907
b
(>0,05)yang artinya variabel tersebut tidak
mempengaruhi minat beli. Sedangkan variabel brand ambassador memiliki signifikansi
point sebesar 0.006
b
yang artinya variabel brand ambassador sangat signifikan dalam
mempengaruhi minat beli responden.
Kata Kunci : Advertising Exposure, Model VisCAP, Minat Beli
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication |
Depositing User: | diana nirwani |
Date Deposited: | 04 Dec 2023 08:04 |
Last Modified: | 04 Dec 2023 08:04 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18504 |
Actions (login required)
View Item |