Azizah, Khairunnisa (2022) Hubungan Terpaan Promosi Penjualan dan Brand Trust dengan Loyalitas Pelanggan Indosat/IM3 Ooredoo 51KOM2022. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.
Text
COVER.pdf - Submitted Version Download (653kB) |
|
Text
BAB 1.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
|
Text
BAB 2.pdf - Submitted Version Download (105kB) |
|
Text
BAB 3.pdf - Submitted Version Download (697kB) |
|
Text
BAB 4.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (349kB) |
|
Text
BAB 5.pdf - Submitted Version Download (105kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Download (112kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (420kB) |
Abstract
Menurut Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) pengguna
internet di Indonesia pada tahun 2022 telah mencapai 77,02% dari seluruh
penduduk Indonesia. Salah satu penyedia jasa layanan telekomunikasi yang
menyediakan jaringan internet adalah Indosat/IM3 Ooredoo. Meskipun
Indosat/IM3 Ooredoo masuk ke jajaran jasa layanan telekomunikasi yang
terkemuka di Indonesia, index Top Brand dan jumlah pengguna Indosat/IM3
Ooredoo dari tahun 2018 hingga tahun 2022 mengalami perubahan yang
fluktuatif. Perubahan jumlah pengguna dan perubahan angka Top Brand Index
yang fluktuatif menjunjukkan bahwa loyalitas pelanggan Indosat/IM3 Ooredoo
masih rendah. Untuk mewujudkan visi menjadi perusahaan pilihan dalam
penyediaan solusi informasi dan komunikasi di Indonesia, Indosat/IM3 Ooredoo
seharusnya memiliki loyalitas pelanggan yang baik dengan menawarkan promosi
penjualan dan menjaga kepercayaan pelanggan terhadap merek (Brand Trust).
Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan terpaan promosi
penjualan dan Brand Trust dengan loyalitas pelanggan Indosat/IM3 Ooredoo. Penelitian
ini menggunakan prinsip operant conditioning dalam Behavioral Learning Theory
untuk menjelaskan hubungan X1 dengan Y. Kemudian hubungan X2 dengan Y dijelaskan
dengan planned behavior theory (teori perilaku terencana). Pengambilan sampel
pada penelitian ini dilakukan menggunakan teknik non-probability sampling dengan
purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Kota Semarang
berusia 15-64 tahun yang pernah melihat promo dan menggunakan Indosat/IM3 Ooredoo
selama lebih dari 3 bulan.
Analisis data dilakukan dengan menggunakan korelasi Kendall’s tau b untuk
menguji hipotesis pertama dan kedua. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat
hubungan antara terpaan promosi penjualan dengan loyalitas pelanggan Indosat/IM3
Ooredoo, mempunyai signifikansi sebesar 0,003 dengan koefisien korelasi sebesar
0,291 atau 29,1%. Artinya hipotesis dapat dibuktikan serta prinsip operant
conditioning dalam Behavioral Learning Theory dapat teruji. Kemudian pada
hipotesis kedua teruji bahwa ada hubungan antara Brand Trust dengan loyalitas
Pelanggan Indosat/IM3 Ooredoo dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 dengan
koefisien korelasi sebesar 0,497 atau 49,7%. Teori perilaku terencana dapat
dibuktikan.
Kata kunci : terpaan promosi penjualan, brand trust, loyalitas, jasa telekomunikasi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication |
Depositing User: | diana nirwani |
Date Deposited: | 04 Dec 2023 07:50 |
Last Modified: | 04 Dec 2023 07:50 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18502 |
Actions (login required)
View Item |