Search for collections on Undip Repository

PENGARUH DAYA TARIK LAZADA E-COMMERCE, PROMOSI PENJUALAN DI INSTAGRAM LAZADA, DAN BRAND AMBASSADOR TERHADAP MINAT BERTRANSAKSI DI LAZADA 50KOM2022

Gustantyo, Nicho Putera (2022) PENGARUH DAYA TARIK LAZADA E-COMMERCE, PROMOSI PENJUALAN DI INSTAGRAM LAZADA, DAN BRAND AMBASSADOR TERHADAP MINAT BERTRANSAKSI DI LAZADA 50KOM2022. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version

Download (681kB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Submitted Version

Download (960kB)
[img] Text
BAB 2.pdf - Submitted Version

Download (257kB)
[img] Text
BAB 3.pdf - Submitted Version

Download (250kB)
[img] Text
BAB 4.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img] Text
BAB 5.pdf - Submitted Version

Download (19kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (167kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan perilaku belanja online masyarakat Indonesia mengalami peningkatan yang signifikan.Salah satu faktor yang mendorong peralihan perilaku konsumen untuk berbelanja online adalah kemudahan transaksi belanja online melalui aplikasi E-commerce. Fasilitas dalam penggunaan e-commerce menjadi faktor penting yang mempengaruhi minat bertraksaksi di e-commerce.E-commerce juga menggunakan media sosial untuk menyampaikan pesan pesan persuasif kepada konsumen salah satunya Instagram. Pesan persuasi yang sering dilakukan di Instagram adalah promosi penjualan.Instagram juga menjadi media untuk menyampaikan pesan persuasi dari brand ambassador sebagai role model. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh daya tarik e-commerce Lazada, promosi penjualan di Instagram dan daya tarik brand ambassador terhadap minat bertransaksi di E-commerce Lazada dengan menggunakan teori Atribusi.
Populasi penelitian yang digunakan adalahmasyarakat atau konsumen laki – laki dan perempuan yang usianya berada di 18-34 tahun, mengikuti(follow) akun instagram Lazada dan menggunakan situs belanja online Lazada, dengan jumlah tidak diketahui. Sedangkan sampelnya berjumlah 100 responden mahasiswa dengan teknik yang digunakan adalah non probability sampling dan juga metode purposive sampling. Tipe daripada penelitian ini adalah explanatory research. Analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda yaitu terdapat uji signifikan t, uji f, dan koefisien determinasi dengan bantuan aplikasi SPSS for windows 26.0 version. Skala pengukuran yang digunakan adalah skala rasio.
Hasil dari penelitian ini secara uji t menunjukkan bahwa daya tarik E-commerce berpengaruh signifikan terhadap minat bertransaksi, daya tarik promosi penjualan tidak berpengaruh terhadap minat bertransaksi, daya tarik brand ambassador berpengaruh signifikan terhadap minat bertransaksi. Hasil penelitian secara uji f menunjukan bahwa daya tarik E-commerce, promosi penjualan di instagram dan brand ambassador berpengaruhsignifikan terhadap minat bertransaksi.Adapun saran yang dapat diberikan bagi Lazada adalah mampu mengatasi berbagai kendala yang dialami oleh para konsumennya seperti memperbaiki layanan Lazada Help Center agar keluhan yang dialami konsumen saat sedang bertransaksi di Lazada dapat segera teratasi dan ditemukan solusinya.Hal ini perlu dilakukan agar pelanggan puas dengan fasilitas yang diberikan oleh e-commerceLazada.
Kata Kunci : Daya Tarik E-Commerce, Daya Tarik Promosi Penjualan, Daya Tarik Brand Ambassador, Minat Bertransaksi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 04 Dec 2023 07:46
Last Modified: 04 Dec 2023 07:46
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18499

Actions (login required)

View Item View Item