Search for collections on Undip Repository

Pengaruh Kualitas Produk dan Social Media Marketing Terhadap Purchase Intention Konsumen Pada Produk Kosmetik Somethinc di Kota Salatiga

Fitriana, Dita Ayu (2023) Pengaruh Kualitas Produk dan Social Media Marketing Terhadap Purchase Intention Konsumen Pada Produk Kosmetik Somethinc di Kota Salatiga. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
Cover.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Submitted Version

Download (597kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (496kB)
[img] Text
Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penampilan merupakan hal penting dalam meningkatkan kualitas diri, salah satunya dengan merawat tubuh melalui produk kecantikan. Beragam produk kecantikan seperti produk kosmetik ditawarkan, salah satunya “Somethinc”, brand kosmetik keluaran tahun 2019 dari PT Royal Pesona Indonesia. Berdasarkan data rangking penjualan Somethinc beberapa store di Kota Salatiga, diketahui penjualan Somethinc fluktuatif dan cenderung rendah dibandingkan pesaingnya. Dijumpai juga komentar-komentar negatif dan kebingungan konsumen terkait produk, serta keterlambatan/ketiadaan respon dari akun media sosialnya dimana ini dapat berpotensi mengurangi minat konsumen terhadap Somethinc.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan social media marketing terhadap purchase intention konsumen produk Somethinc di Kota Salatiga. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif melalui metode survei dan menggunakan kuesioner sebagai data primer. Populasinya yaitu masyarakat di Kota Salatiga yang merupakan pengguna medsos yang tertarik dan/atau pernah membeli/menggunakan produk Somethinc dengan sampel sebanyak 100 orang. Analisis data penelitian menggunakan uji analisis statistik SPSS versi 25.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kualitas produk dan social media marketing terhadap purchase intention. Kualitas produk berpengaruh sebesar 46,9% dan social media marketing sebesar 54,3%. Secara simultan, keduanya berpengaruh terhadap purchase intention sebesar 78,8%. Berdasarkan hasil tersebut, Somethinc perlu mengevaluasi kembali produk-produknya, terkhusus apabila dijumpai banyak komentar negatif. Selain itu, diharapkan Somethinc dapat meningkatkan gebrakan social media marketing yang mereka lakukan misalnya dengan meningkatkan intensitas dalam membagikan konten supaya jangkauan pemasaran lebih luas sehingga dapat menarik minat konsumen lebih banyak.

Kata kunci : Kualitas Produk, Social media marketing, Purchase Intention

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 04 Dec 2023 06:22
Last Modified: 04 Dec 2023 06:22
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18494

Actions (login required)

View Item View Item