Fitriana, Dita Ayu (2023) Pengaruh Kualitas Produk dan Social Media Marketing Terhadap Purchase Intention Konsumen Pada Produk Kosmetik Somethinc di Kota Salatiga. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.
Text
Cover.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf - Submitted Version Download (2MB) |
|
Text
BAB II.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
|
Text
BAB III.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB IV.pdf - Submitted Version Download (597kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version Download (496kB) |
|
Text
Lampiran.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Penampilan merupakan hal penting dalam meningkatkan kualitas diri, salah satunya dengan merawat tubuh melalui produk kecantikan. Beragam produk kecantikan seperti produk kosmetik ditawarkan, salah satunya “Somethinc”, brand kosmetik keluaran tahun 2019 dari PT Royal Pesona Indonesia. Berdasarkan data rangking penjualan Somethinc beberapa store di Kota Salatiga, diketahui penjualan Somethinc fluktuatif dan cenderung rendah dibandingkan pesaingnya. Dijumpai juga komentar-komentar negatif dan kebingungan konsumen terkait produk, serta keterlambatan/ketiadaan respon dari akun media sosialnya dimana ini dapat berpotensi mengurangi minat konsumen terhadap Somethinc.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan social media marketing terhadap purchase intention konsumen produk Somethinc di Kota Salatiga. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif melalui metode survei dan menggunakan kuesioner sebagai data primer. Populasinya yaitu masyarakat di Kota Salatiga yang merupakan pengguna medsos yang tertarik dan/atau pernah membeli/menggunakan produk Somethinc dengan sampel sebanyak 100 orang. Analisis data penelitian menggunakan uji analisis statistik SPSS versi 25.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kualitas produk dan social media marketing terhadap purchase intention. Kualitas produk berpengaruh sebesar 46,9% dan social media marketing sebesar 54,3%. Secara simultan, keduanya berpengaruh terhadap purchase intention sebesar 78,8%. Berdasarkan hasil tersebut, Somethinc perlu mengevaluasi kembali produk-produknya, terkhusus apabila dijumpai banyak komentar negatif. Selain itu, diharapkan Somethinc dapat meningkatkan gebrakan social media marketing yang mereka lakukan misalnya dengan meningkatkan intensitas dalam membagikan konten supaya jangkauan pemasaran lebih luas sehingga dapat menarik minat konsumen lebih banyak.
Kata kunci : Kualitas Produk, Social media marketing, Purchase Intention
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration |
Depositing User: | diana nirwani |
Date Deposited: | 04 Dec 2023 06:22 |
Last Modified: | 04 Dec 2023 06:22 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18494 |
Actions (login required)
View Item |