Search for collections on Undip Repository

PERAN SERIKAT PEKERJA RUMAH TANGGA (SPRT) DALAM PEMENUHAN HAK KONSTITUSIONAL PEKERJA RUMAH TANGGA (PRT)._004 HUMAS 2023

SALSABILA, NUKHBAH and Purwanti, Ani and Mahfud, Muhammad Afif (2023) PERAN SERIKAT PEKERJA RUMAH TANGGA (SPRT) DALAM PEMENUHAN HAK KONSTITUSIONAL PEKERJA RUMAH TANGGA (PRT)._004 HUMAS 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pemenuhan hak konstitusional warga negara merupakan tanggung jawab negara dalam rangka mewujudkan kesejahteraan umum dan keadilan sosial bagi seluruh warganya melalui pelayanan, bantuan, perlindungan, dan pencegahan pada masalah sosial. terekskulusinya PRT dari ranah ketenagakerjaan menyebabkan hak konstitusionalnya sebagai pekerja maupun warga negara tidak terpenuhi. Penelitian ini menggunakan metode socio-legal research dengan spesifikasi penelitian deskriptif analitis. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara PRT dari anggota SPRT Tunas Mulia Yogyakarta, DP3AP2KB DIY, Disnaker DIY, DP3AP2KB Kota Yogyakarta, Dinsosnakertrans Kota Yogyakarta, LSM RTND, dan beberapa Pemberi Kerja. Hasil penelitian ini menyebutkan bahwa pemenuhan hak konstitusional PRT belum terwujud secara penuh, ditinjau dari substansi hukum peraturan yang hanya berfungsi sebagai pengakuan yuridis dan belum cukup memberikan perlindungan bagi PRT. Implementasi peraturan
oleh struktur hukum tidak terlaksana dengan baik akibat ketidakseriusan dari struktur hukum dan budaya hukum di masyarakat yang masih menganggap rendah PRT karena latar belakang pendidikan, ekonomi, dan sosial PRT yang rendah. Masyarakat terutama Pemberi Kerja masih banyak yang belum sadar akan hak-hak PRT. Oleh karena itu peran SPRT Tunas Mulia Yogyakarta dan LSM RTND menjadi penting dalam memperjuangkan pemenuhan hak konstitusional PRT. Kata Kunci: Hak Konstitusional; PRT; Serikat Pekerja Rumah Tangga.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 11 Jan 2024 03:25
Last Modified: 11 Jan 2024 03:25
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18490

Actions (login required)

View Item View Item