Search for collections on Undip Repository

Pemaknaan Khalayak Media Berbasis Komunitas Interpretif: Studi Pemaknaan Androgini dalam Film Kucumbu Tubuh Indahku pada Khalayak Sumatera Barat 47KOM2022

Ishlah, Ikhsanny Novira (2022) Pemaknaan Khalayak Media Berbasis Komunitas Interpretif: Studi Pemaknaan Androgini dalam Film Kucumbu Tubuh Indahku pada Khalayak Sumatera Barat 47KOM2022. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
1. Cover.pdf - Submitted Version

Download (339kB)
[img] Text
2. BAB I.pdf - Submitted Version

Download (653kB)
[img] Text
3. BAB II.pdf - Submitted Version

Download (245kB)
[img] Text
4. BAB III.pdf - Submitted Version

Download (972kB)
[img] Text
5. BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (260kB)
[img] Text
6. BAB V.pdf - Submitted Version

Download (102kB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (51kB)
[img] Text
8. LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (806kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pemaknaan media berbasis komunitasinterpretif oleh khalayak secara kolektif. Konsep ini digunakan untuk melihatpemaknaan mengenai androgini di dalam film Kucumbu Tubuh Indahku. Androginiadalah penggabungan nilai sosial maskulin dan feminin di dalam diri seseorangsehingga tidak lagi terlihat adanya identitas gender pada individu tersebut.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan paradigma interpretif. Dalammenganalisis teks media film, Penulis meggunakan teori Semiotika Roland Barthesdengan sistem pemaknaan tanda denotasi dan konotasi. Sementara untukmengetahui pemaknaan khalayak komunitas interpretif digunakan diskusi grupterfokus sebagai metode pengambilan data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat representasi perpaduanmaskulinitas dan feminitas di dalam teks media film yang menjelaskan bahwafenomena tersebut adalah sebuah keabnormalan. Dikatakan tidak normal sebabkarakter tersebut tidak sesuai dengan konstruksi sosial yang diharapkan masyarakatdari individu untuk dapat menyesuaikan identitas gender dengan identitas seksual.Makna kolektif yang dihasilkan dari komunitas interpretif adalah (1) androginimerupakan bagian dari peran gender layaknya kualitas gender maskulin danfeminin, (2) androgini bukan bagian dari orientasi seksual LGBT sebab androginiadalah bagian dari peran gender (3) androgini seringkali dapat dilihat melaluipenampilan dan aktivitas individu yang cenderung mengekspresikan diri salahsatunya lewat seni, (4) Androgini masih sulit diterima oleh lingkungan sosial dan
masyarakat secara umum karena merupakan identitas yang berada diluar konsepsinormal yang berlaku di masyarakat. Penerimaan partisipan terhadap androgini jugamasih terbatas hanya pada aspek-aspek tertentu saja seperti dalam konteks seni dantradisi. Penelitian ini memperlihatkan bahwa khalayak di dalam komunitas interaksiyang sama dapat memiliki strategi pemaknaan yang serupa.
Kata Kunci : Pemaknaan, Teks Media, Makna Kolektif, Komunitas
Interpretif, Androgini, Khalayak Aktif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 01 Dec 2023 09:05
Last Modified: 01 Dec 2023 09:05
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18480

Actions (login required)

View Item View Item