Pinasthika, Audita Widya (2022) PEMAKNAAN KHALAYAK TERHADAP KEKERASAN SEKSUAL PADA ANAK TUNA RUNGU DAN WICARA DALAM FILM SILENCED 42KOM2022. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.
Text
COVER.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf - Submitted Version Download (300kB) |
|
Text
BAB 2.pdf - Submitted Version Download (173kB) |
|
Text
BAB 3.pdf - Submitted Version Download (784kB) |
|
Text
BAB 4.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (227kB) |
|
Text
BAB 5.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
|
Text
BAB 6.pdf - Submitted Version Download (13kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Download (92kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Kekerasan seksual merupakan pelakuan kejahatan seksual yang dapat terjadi
kepada laki-laki atau perempuan. Kasus kekerasan seksual terhadap anak masih
marak dalam pemberitaan, khususnya juga terhadap anak-anak penyandang
disabilitas tuna rungu. Film merupakan salah satu bentuk media massa memiliki
kemampuan membentuk persepsi khalayak. Penelitian yang dilakukan bertujuan
untuk mengetahui bagaimana keberagaman pemaknaan khalayak aktif terhadap
adegan kekerasan seksual yang terjadi pada anak-anak tuna rungu dan wicara yang
ditampilkan dalam film Silenced. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini
adalah paradigma kritis dan menggunakan teori dan metode analisis resepsi Stuart
Hall. Selain itu, metode analisis semiotika John Fiske juga digunakan untuk
kemudian dijelaskan kedalam tiga level analisis; level realitas, level representasi
dan level ideologi. Penelitian melibatkan empat informan dari teknik pengumpulan
data wawancara mendalam dengan metode kualitatif.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah para informan bisa memaknai
adegan kekerasan seksual yang terjadi pada anak-anak tuna rungu yang
direpresentasikan dalam film Silenced. Pada kategori kekerasan seksual terhadap
anak-anak tuna rungu di lingkungan sekolah dan sosial preferred reading yang
muncul dari adegan film Silenced menunjukkan tipe pemaknaan posisi dominan
dan negosiasi. Untuk korban kekerasan seksual yang cenderung tertutup preferred
reading yang muncul dari adegan dimaknai secara dominan oleh semua informan
pada posisi tipe dominan. Untuk pemaknaan perilaku korban kekerasan seksual,
semua informan cukup berbeda dengan satu sama lain.
Hasil seluruh pemaknaan, informan berada di posisi dominan dan negosiasi.
Dari berbagai keragaman pemaknaan khalayak menunjukkan bahwa informan
memaknai informasi yang ada sebagai khalayak aktif. Hasil pemaknaan
terpengaruhi oleh pengetahuan dan pengalaman informan yang didapatkan sesuai
dengan pengetahuan dan lingkup lingkungannya.
Kata Kunci: pemaknaan khalayak, film, kekerasan seksual
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication |
Depositing User: | diana nirwani |
Date Deposited: | 01 Dec 2023 08:02 |
Last Modified: | 01 Dec 2023 08:02 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18472 |
Actions (login required)
View Item |