Search for collections on Undip Repository

PENYELENGGARAAN PEMULIHAN KORBAN KDRT KHUSUS PEREMPUAN DAN ANAK DI WILAYAH KOTA SEMARANG._002 HUMAS 2023

MURNIATI, YUNITA and Indreswari, Tri Laksmi and Widjaningsih, Dyah (2023) PENYELENGGARAAN PEMULIHAN KORBAN KDRT KHUSUS PEREMPUAN DAN ANAK DI WILAYAH KOTA SEMARANG._002 HUMAS 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penulisan hukum ini berfokus pada pelaksanaan pemenuhan hak atas pemulihan dan rehabilitasi sosial bagi perempuan dan anak korban KDRT di Wilayah Kota Semarang. Fokus studi ini penting dikaji sebab menyangkut esensi konsep negara hukum yang berlaku di Indonesia dalam memenuhi hak-hak asasi manusia salah satunya hak untuk mendapatkan pemulihan dan rehabilitasi sosial. Permasalahan dalam penulisan hukum ini yang diteliti diantaranya adalah dasar filsafat negara dan pengaturan, pelaksanaan serta optimalisasi pemenuhan hak atas pemulihan dan rehabilitasi sosial korban KDRT khusus perempuan dan anak yang berlaku di Indonesia secara umum dan di Kota Semarang secara khusus.Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode pendekatan yuridis-empiris.
Temuan penelitian ini berupa dasar filsafat negara yakni Pancasila dalam sila kelima serta peraturan perundang-undangan dan peraturan walikota Semarang mengatur terkait pemenuhan hak atas pemulihan dan rehabilitasi sosial, pelaksanaan pemenuhan hak tersebut diantaranya dilakukan dengan memberikan surat rekomendasi serta turut mendampingi korban dalam mengakses pemulihan fisik, psikis, sosial dan ekonomiserta pasca penanganan yang juga bekerja sama dengan dinas-dinas terkait di Kota Semarang. Optimalisasi pelaksanaan yang dilakukan yakni dengan adanya peningkatan koordinasi antar lembaga, perluasan mitra rujukan, pengalokasian dana bantuan, peningkatan jumlah SDM pendamping serta peningkatan fungsi forum penyintas KDRT untuk mencegah KDRT berlanjut dan berulang.
Berdasarkan temuan penelitian tersebut hal yang dapat dilakukan yakni perlu adanya sosialisasi berbagai peraturan perundang-undangan terkait pemenuhan hak atas pemulihan dan rehabilitasi sosial, perlu adanya mekanisme one stop service dalam pelayanan rehabilitasi sosial serta rujukan Panti Pelayanan Sosial yang khusus menampung korban KDRT.

Kata Kunci : KDRT, Pemulihan, Rehabilitasi Sosial.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 19 Dec 2023 02:53
Last Modified: 19 Dec 2023 02:53
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18470

Actions (login required)

View Item View Item