Search for collections on Undip Repository

Perbedaan Pengaruh Paparan Asap Terhadap Hiperpigmentasi Gingiva Berdasarkan Jenis Kelamin (Studi pada Pekerja Pengasapan Ikan di Bandarharjo, Kota Semarang, Jawa Tengah)

Laoni Pasa, Rotunopika and Nosartika, Isniya and Skripsa, Tira Hamdillah (2023) Perbedaan Pengaruh Paparan Asap Terhadap Hiperpigmentasi Gingiva Berdasarkan Jenis Kelamin (Studi pada Pekerja Pengasapan Ikan di Bandarharjo, Kota Semarang, Jawa Tengah). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (Abstrak-KTI-RotunopikaLP)
Abstrak_KTI_ RotunopikaLP.pdf

Download (58kB)

Abstract

Tujuan: Penelitian ini ditujukkan untuk mengetahui perbedaan hiperpigmentasi gingiva akibat paparan asap pada pekerja pengasapan ikan berdasarkan jenis kelamin. Metode: Jenis penelitian observasional analitik deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Sampel dalam penelitian dipilih menggunakan metode non-probability sampling dengan teknik purposive sampling pada 35 pekerja laki-laki dan 35 pekerja perempuan pengasapan ikan di Sentra Pengasapan Kelurahan Bandarharjo yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi Klasifikasi kelas hiperpigmentasi gingiva menggunakan klasifikasi Peeran. .Pemeriksaan hiperpigmentasi gingiva dilakukan satu waktu untuk tiap responden pada tanggal 20-21 Oktober 2023. Hasil: Hasil analisis uji Mann-Whitney U menunjukkan adanya perbedaan pengaruh paparan asap terhadap hiperpigmentasi gingiva berdasarkan jenis kelamin dengan hasil signifikan P=0,01 (p<0,05). Nilai median kedua kelompok uji menunjukkan hasil hiperpigmentasi gingiva lebih tinggi pada pekerja pengasapan berjenis kelamin laki-laki. Kesimpulan: Terdapat perbedaan signifikan hiperpigmentasi gingiva pekerja pengasapan laki-laki yang lebih tinggi dibandingkan perempuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: asap pengasapan ikan, hiperpigmentasi gingiva, perbedaan jenis kelamin
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Dentistry
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 15 Dec 2023 03:39
Last Modified: 15 Dec 2023 03:39
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18467

Actions (login required)

View Item View Item