Search for collections on Undip Repository

PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BERBASIS POTENSI LOKAL PT AGRO LESTARI MERBABU DI DESA SUMBEREJO KECAMATAN NGABLAK KABUPATEN MAGELANG

Syahdania, Ayunda and Prasetyo, Agus Subhan and Mariyono, Joko (2023) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BERBASIS POTENSI LOKAL PT AGRO LESTARI MERBABU DI DESA SUMBEREJO KECAMATAN NGABLAK KABUPATEN MAGELANG. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
Cover Skripsi.pdf

Download (773kB)
[img] Text
BAB 1 Skripsi.pdf

Download (103kB)
[img] Text
BAB 2 Skripsi.pdf

Download (199kB)
[img] Text
BAB 3 Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4 Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5 Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (29kB) | Request a copy
[img] Text
DAPUS Skripsi.pdf

Download (763kB)

Abstract

Pemberdayaan masyarakat berbasis potensi lokal dilakukan dengan membentuk program yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat desa. Tujuan penelitian yaitu menganalisis pemberdayaan masyarakat PT. Agro Lestari Merbabu yang terdiri dari program pemberdayaan, metode pemberdayaan, tahapan pemberdayaan, strategi pemberdayaan serta dampak ekonomi dan sosialnya. Penelitian dilaksanakan bulan Januari – Februari 2022 yang berlokasi di Desa Sumberejo, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Data yang dikumpulkan yaitu data primer dan data sekunder. Responden berjumlah 10 orang terdiri dari pihak internal dan eksternal perusahaan. Metode penentuan responden menggunakan snowball sampling. Metode keabsahan data menggunakan metode triangulasi sumber dan analisis data model interaktif Miles dan Huberman. Berdasarkan hasil analisis dapat diketahui bahwa program pemberdayaan terdiri dari penyediaan bibit bersertifikat, pelatihan budidaya kentang SOP, penyediaan modal produksi dan pengolahan pasca panen yakni keripik kentang. Metode pemberdayaan yang digunakan yaitu participatory rural appraisal (PRA) dan participatory learning and action (PLA). Tahapan pemberdayaan terdiri dari tahap engagement, tahap assessment, tahap plan of action, tahap action dan tahap evaluation. Strategi pemberdayaan masyarakat menggunakan strategi transformatif. Dampak sosial yang terjadi adalah terjalin kemitraan dengan perusahaan, meningkatnya sifat kepedulian antar sesama, meningkatnya keterampilan dan pengetahuan berwirausaha, mampu mencari solusi permasalahan secara mandiri, terciptanya pertanian yang berkelanjutan, memperoleh pengalaman, memiliki kegiatan positif dan bermanfaat, meningkatnya sifat gotong royong, terciptanya lingkungan yang nyaman. Dampak ekonomi yaitu kestabilan harga jual kentang Rp. 8.000/kg, jaminan pasar dan meningkatkan penerimaan sebanyak 15% sampai 50%. Dampak ekonomi yang dirasakan oleh pemuda karang taruna yaitu mendapatkan upah Rp. 50.000.

Kata kunci: kentang, keripik kentang, pemberdayaan, potensi lokal

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kentang, keripik kentang, pemberdayaan, potensi lokal
Subjects: Animal and Agricultural Sciences
Divisions: Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Agribusiness
Depositing User: User Agribisnis
Date Deposited: 15 Jan 2024 02:26
Last Modified: 15 Jan 2024 02:26
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18459

Actions (login required)

View Item View Item