Search for collections on Undip Repository

AKTIVITAS INHIBISI ENZIM α- AMILASE EKSTRAK DAN FRAKSI BUNGA TELANG (Clitoria ternatea)

Firsanti, Sekar Arum Ayu and Anam, Khairul and Utami, Widyaningrum (2023) AKTIVITAS INHIBISI ENZIM α- AMILASE EKSTRAK DAN FRAKSI BUNGA TELANG (Clitoria ternatea). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (Abstrak KTI)
Abstrak_Thesis.pdf

Download (260kB)

Abstract

Latar Belakang : Diabetes mellitus merupakan penyakit ditandai tingginya kadar glukosa. Aktivitas Enzim α-amilase meningkatkan kadar glukosa postprandial pasien diabetes. Flavonoid merupakan senyawa bunga telang yang dapat menginhibisi enzim α-amilase. Fraksinasi dilakukan untuk memisakan senyawa berdasarkan polaritas, sehingga menurunkan bahan nonaktif pada ekstrak, perlu dilakukan penelitian fraksi ekstrak bunga telang dalam menginhibisi enzim α-amilase. Hasil penapisan fitokimia dan inhibisi diketahui kandungan yang berpotensi menginhibisi enzim α-amilase.
Tujuan : Mengetahui senyawa kimia dan potensi ekstrak dan fraksi bunga telang dalam menghambat enzim α-amilase serta mengetahui fraksi n- heksan.
Metode : Bunga telang diekstraksi dengan etanol 96%, difraksinasi dengan pelarut n-heksan, etil asetat dan air. Hasil ekstrak dan fraksi dilakukan penapisan fitokimia dengan KLT dan pengujian inhibisi enzim α-amilase menggunakan spektrofotometer UV-VIS. Data dianalisis dengan uji Kruskal-wallis dan uji Mann-whitney.
Hasil : Ekstrak dan fraksi bunga telang mengandung flavonoid, tanin, terpenoid dan antosianin, sehingga aktivitas inhibisi yaitu fraksi etil asetat (78%), fraksi air (71%), ekstrak etanol (54%) dan fraksi n-heksan (40%). Hasil inhibisi enzim α-amilase pada sampel memiliki nilai (p<0,005) menandakan perbedaan bermakna antar kelompok.
Kesimpulan : Berdasarkan hasil KLT ekstrak, fraksi etil asetat dan etanol bunga telang mengandung senyawa flavonoid, tanin, terpenoid dan antosianin. Fraksi n-heksan mengandung steroid dan terpenoid.Senyawa kimia yang tersebut berpotensi memiliki aktivitas inhibisi enzim α-amilase.

Kata Kunci : bunga telang, ekstrak, fraksi, enzim α-amilase, antidiabetes

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: bunga telang, ekstrak, fraksi, enzim α-amilase, antidiabetes
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Pharmacy
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 01 Dec 2023 02:47
Last Modified: 01 Dec 2023 02:47
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18440

Actions (login required)

View Item View Item