Sumarsono, Ghozi Garbo (2022) KOMUNIKASI KELUARGA UNTUK MEMOTIVASI TANGGUNGJAWAB ANAK BELAJAR DI MASA PANDEMI 26KOM2022. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.
![]() |
Text
Cover.pdf - Submitted Version Download (335kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf - Submitted Version Download (315kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf - Submitted Version Download (33kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (288kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf - Submitted Version Download (55kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf - Submitted Version Download (33kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version Download (135kB) |
Abstract
Munculnya pandemi COVID-19, mengubah seluruh aspek kehidupan masyarakat
Indonesia, salah satunya pendidikan. Perubahan ini mulai terasa sejak diberlakukannya
kebijakan aktivitas “Work From Home", yang merubah kegiatan pendidikan menjadi
metode Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Namun, hal ini berdampak pada tingkat
kemalasan anak, sebagai akibat kebosanan, kegiatan yang monoton, dan kurangnya
sosialisasi secara tatap muka. Dalam aktivitas pembelajaran jarak jauh, anak tentu
memerlukan dukungan dari keluarganya dalam memberikan motivasi belajar. Dilihat dari
fenomena tersebut, maka peneliti memiliki ketertarikan guna mengetahui bagaimana
komunikasi dalam keluarga untuk memotivasi tanggung jawab anak belajar di masa
pandemi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode fenomenologi.
Populasi penelitian diambil dari keluarga yang memiliki anak sekolah pada jenjang SMP
dan SMA yang terkena dampak pandemi corona. Dari populasi tersebut, diambil sampel
sebanyak 6 informan yang terdiri atas 3 orang tua dan 3 siswa. Dalam pengambilan data,
penelitian ini menggunakan metode wawancara mendalam, sehingga didapatkan data
yang jenuh dan detail. Selain itu, terdapat sumber data sekunder seperti studi literatur dan
informasi terkini dari portal media online terpercaya. Data tersebut, kemudian dianalisis
melalui tahap horizontalisasi, deksripsi tekstural, deskripsi, struktural, hingga akhirnya
menggambarkan fenomena yang ada.
Penelitian ini menghasilkan data bahwa (1) kombinasi pola komunikasi keluarga
pluralistik dan konsensual membangun rasa tanggungjawab anak untuk belajar.; (2)
kombinasi pola komunikasi pluralisme dan konsensual serta pola asuh demokratis dapat
menciptakan lingkungan belajar yang baik bagi anak di masa pandemi ini; (3) pola asuh
demokratis memberikan lingkungan belajar yang nyaman bagi anak sehingga dapat
memotivasi anak belajar.
Kata Kunci: komunikasi keluarga, belajar, motivasi, dan pandemi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication |
Depositing User: | diana nirwani |
Date Deposited: | 30 Nov 2023 02:29 |
Last Modified: | 30 Nov 2023 02:29 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18427 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |