Search for collections on Undip Repository

KEMAMPUAN PUBLIC SPEAKING GURU DALAM MEMOTIVASI PRESTASI BELAJAR SISWA DI MASA PANDEMI COVID-19 24KOM2022

Dewanti, Reza Andriana (2022) KEMAMPUAN PUBLIC SPEAKING GURU DALAM MEMOTIVASI PRESTASI BELAJAR SISWA DI MASA PANDEMI COVID-19 24KOM2022. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version

Download (787kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (584kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (347kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Submitted Version

Download (403kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Submitted Version

Download (313kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (444kB)

Abstract

Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) muncul karena adanya pandemi Covid-19, dan
dalam pelaksanaannya ternyata PJJ ini dinilai menurunkan motivasi belajar siswa di
Indonesia, dilihat dari adanya penurunan nilai akademik siswa SMA di beberapa
sekolah di Indonesia. Peran kemampuan public speaking yang dimiliki guru dinilai
krusial, karena dengan guru memiliki kemampuan public speaking yang baik dalam
mengajar, maka akan dapat meningkatkan motivasi para siswanya untuk belajar.
Namun kenyataannya, masih banyak kasus dan anggapan mengenai kemampuan public
speaking guru yang masih jauh dari harapan, terlebih lagi selama masa pandemi ini,
yang mana ini dapat menjadi salah satu persoalan pendidikan di Indonesia.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana pengalaman guru
menggunakan kemampuan public speaking dalam memotivasi prestasi belajar siswa di
masa pandemi Covid-19, dengan menggunakan metode kualitatif dan pendekatan
fenomenologi. Teori dan konsep yang digunakan untuk mendukung penelitian ini
adalah Teori Retorika dan Komunikasi Persuasif. Metode pengumpulan data yang
digunakan adalah observasi dan wawancara, dengan 6 informan yang terdiri dari 2 guru
SMA negeri dan swasta, 2 siswa SMA negeri, dan 2 siswa SMA swasta yang sedang
melakukan kegiatan belajar mengajar, baik secara daring maupun tatap muka selama
pandemi Covid-19.
Hasil penelitian ini ditemukan bahwa selama Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ),
beban mengajar guru memang lebih meningkat, namun pengalaman guru
menggunakan kemampuan public speakingnya dalam mengajar selama pandemi ini
secara keseluruhan telah memenuhi ketiga bukti retorika dari Aristoteles, yaitu ethos,
pathos, dan logos. Setiap guru di sekolah dengan kategori dan kondisi siswa yang
berbeda, dalam hal ini sekolah unggulan dan non unggulan memiliki cara atau
pendekatan persuasif yang berbeda pula dalam mengajar. Faktor penghambat motivasi
belajar siswa selama pandemi Covid-19 ini adalah rasa malas, bosan, penat yang
muncul ketika sekolah daring, kurangnya interaksi antara guru dan siswa, adanya
pengaruh media sosial dan game, serta adanya gangguan sinyal ketika sekolah.
Kata kunci : public speaking, komunikasi persuasif, sekolah daring, guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 30 Nov 2023 02:12
Last Modified: 30 Nov 2023 02:12
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18425

Actions (login required)

View Item View Item