Search for collections on Undip Repository

Korelasi Aktivitas Fisik dan Indeks Massa Tubuh terhadap Gangguan Muskuloskeletal Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro

Robithoh, Qonitah Imtinan and Adyaksa, Gana and Santoso, Santoso and Supatmo, Yuswo (2023) Korelasi Aktivitas Fisik dan Indeks Massa Tubuh terhadap Gangguan Muskuloskeletal Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (ABSTRAK-KTI)
QONITAH IMTINAN ROBITHOH-2010120130086-KTI-ABSTRAK.pdf

Download (63kB)

Abstract

Latar Belakang: Gangguan muskuloskeletal merupakan keadaan terjadinya masalah pada sistem otot dan rangka yang disebabkan oleh beberapa faktor, seperti aktivitas fisik dan indeks massa tubuh (IMT). Mahasiswa Fakultas Kedokteran memiliki aktivitas perkuliahan yang padat dengan durasi jam belajar yang cenderung lebih panjang sehingga berpotensi mengalami keluhan muskuloskeletal. Tujuan: Mengetahui korelasi aktivitas fisik dan indeks massa tubuh terhadap gangguan muskuloskeletal pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan pendekatan belah lintang. Penelitian berlangsung dari bulan Mei hingga September 2023 dengan 29 subjek penelitian berupa mahasiswa Fakultas Kedokteran yang memenuhi kriteria inklusi. Pengujian korelasi dilakukan menggunakan uji korelasi Spearman’s. Hasil: Dari total 29 responden, didapatkan data bahwa mayoritas responden memiliki tingkat aktivitas fisik sedang tinggi, IMT dengan kategori overweight, serta derajat gangguan muskuloskeletal ringan. Pada uji korelasi Spearman’s aktivitas fisik terhadap gangguan muskuloskeletal didapatkan korelasi sedang terbalik yang signifikan (p=0,026, r=-0,414), sedangkan pada uji korelasi IMT terhadap gangguan muskuloskeletal didapatkan korelasi sedang positif yang signifikan (p=0,004, r=0,512). Kesimpulan: Terdapat korelasi yang signifikan antara aktivitas fisik dan indeks massa tubuh terhadap gangguan muskuloskeletal.
Kata Kunci: aktivitas fisik, indeks massa tubuh, overweight, gangguan muskuloskeletal, mahasiswa kedokteran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: aktivitas fisik, indeks massa tubuh, overweight, gangguan muskuloskeletal, mahasiswa kedokteran
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Medicine
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 30 Nov 2023 02:11
Last Modified: 30 Nov 2023 02:11
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18421

Actions (login required)

View Item View Item