Search for collections on Undip Repository

Flakes Berbasis Tepung Uwi dan Tepung Kecambah Kacang Hijau sebagai Alternatif Sarapan Indeks Glikemik Rendah

Amalia Khitami, Rizka and Anjani, Gemala and Fithra Dieny, Fillah and Rizqiawan, Angga and Marfu’ah Kurniawati, Dewi Flakes Berbasis Tepung Uwi dan Tepung Kecambah Kacang Hijau sebagai Alternatif Sarapan Indeks Glikemik Rendah. -. (Unpublished)

[img] Text
Abstrak-Rizka Amalia.pdf

Download (226kB)

Abstract

Latar Belakang: Diabetes mellitus dapat dikendalikan dengan mengonsumsi makanan yang mengandung indeks glikemik rendah seperti uwi dan kecambah kacang hijau. Bahan makanan tersebut dapat dibuat menjadi tepung dan dapat digunakan untuk membuat sereal sarapan bagi penderita diabetes.

Tujuan: Melakukan analisis kandungan zat gizi, tingkat kesukaan, serta nilai indeks glikemik dan beban glikemik formula terpilih flakes tepung uwi dan tepung kecambah kacang hijau.

Metode: Penelitian berjenis eksperimental dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) satu faktor, yaitu 3 perlakuan rasio tepung uwi dan tepung kecambah kacang hijau (80:20, 70:30, dan 60:40). Metode proksimat digunakan untuk menganalisis kandungan gizi. Perlakuan yang paling disukai pada uji tingkat kesukaan digunakan sebagai pangan uji untuk uji indeks glikemik dan beban glikemik.

Hasil: Terdapat pengaruh signifikan pada tiap perlakuan flakes tepung uwi dan tepung kacang hijau terhadap kandungan zat gizi dan rasa pada tingkat kesukaan (p<0.05). Formula terpilih F3 memiliki indeks glikemik tergolong rendah sedangkan beban glikemiknya tergolong sedang.

Simpulan: Flakes dengan konsentrasi tepung uwi yang semakin sedikit dan konsentrasi tepung kecambah kacang hijau yang semakin banyak menghasilkan flakes kadar karbohidrat yang lebih rendah dan kadar lemak, protein, abu, air, dan serat kasar, serta tingkat kesukaan yang lebih tinggi.

Kata kunci: beban glikemik, indeks glikemik, kandungan gizi, tepung kecambah kacang hijau, tepung uwi

Item Type: Article
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Depositing User: Pustakawan Gizi
Date Deposited: 29 Nov 2023 07:16
Last Modified: 29 Nov 2023 07:16
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18410

Actions (login required)

View Item View Item