Search for collections on Undip Repository

Perbedaan Rerata Kadar Interleukin 6 (IL-6) Pada Cairan Peritoneum Pasca Pemberian Vitamin D Pasien Endometrioma

setyasworo, singgeh and Trisetiyono, Yuli and Mochtar, Arufiadi Anityo and Erwinanto, Erwinanto and Tjahjanto, Hary and Kristanto, Herman (2023) Perbedaan Rerata Kadar Interleukin 6 (IL-6) Pada Cairan Peritoneum Pasca Pemberian Vitamin D Pasien Endometrioma. Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (Abstrak-thesis)
abstrak Upload .pdf

Download (171kB)

Abstract

Latar Belakang: Endometrioma adalah kista yang terjadi ketika jaringan endometrium tumbuh pada epitel ovarium. Vitamin D merupakan hormon steroid yang dapat diekstraksi dari makanan yang tersedia secara umum dan dapat disintesis oleh manusia saat terkena sinar matahari. Defisiensi vitamin D dilaporkan berhubungan dengan berbagai patologi, termasuk endometriosis. Vitamin D telah dilaporkan memiliki efek anti-angiogenik yang dapat menghambat pertumbuhan implan endometriotik.
Tujuan: Membuktikan pengaruh pemberian vitamin D terhadap kadar interleukin 6 (IL-6) cairan peritoneum pada pasien endometrioma.
Metode: Penelitian eksperimental dengan desain post-test hanya dilakukan di Instalasi Obstetri-Ginekologi Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr. Kariadi Semarang. Sampel penelitian sebanyak 50 pasien. Pemilihan subjek penelitian akan dilakukan dengan cara konsekutif sampling yaitu pemilihan subjek penelitian berdasarkan kriteria penelitian dan subjek menandatangani perjanjian untuk ikut serta dalam penelitian. Analisis statistik dilakukan dengan menggunakan Uji T Independen (atau Mann-Whitney U) dan Uji T Dependen (atau Wilcoxon). Uji korelasi kadar IL-6 dengan kadar vitamin D dilakukan dengan menggunakan Uji Spearman. Hasil signifikan jika p <0,05. Analisis statistik dilakukan dengan menggunakan SPSS edisi 26.
Hasil: Tidak terdapat hubungan bermakna antara kadar IL-6 dengan kadar vitamin D awal (p=0,467), kadar vitamin D akhir (p=0,410), dan Δ vitamin D (p=0,650). Namun terdapat kecenderungan korelasi negatif antara kadar IL-6 dengan kadar vitamin D, hal ini berarti peningkatan kadar vitamin D akan diikuti dengan penurunan kadar IL-6 pada subjek penelitian.
Kesimpulan: Terdapat perbedaan rerata kadar IL-6 cairan peritoneum pada pasien endometrioma yang diberikan suplementasi vitamin D dan plasebo, namun perbedaan tersebut tidak bermakna secara statistik.
Kata Kunci: Endometrioma, interleukin 6, cairan peritoneum, vitamin D

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Endometrioma, interleukin 6, cairan peritoneum, vitamin D
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Master Program of Specialist Medical
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 04 Dec 2023 02:02
Last Modified: 04 Dec 2023 02:02
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18381

Actions (login required)

View Item View Item