Search for collections on Undip Repository

IMPLEMENTASI INOVASI PELAYANAN PUBLIK ANJUNGAN DUKCAPIL MANDIRI (ADM) DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN JEPARA

Ruzaqila, Kayla Alif (2023) IMPLEMENTASI INOVASI PELAYANAN PUBLIK ANJUNGAN DUKCAPIL MANDIRI (ADM) DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN JEPARA. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
Cover.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (951kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (337kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (345kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (268kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (175kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (239kB)

Abstract

ABSTRAKSI
Penelitian ini membahas mengenai implementasi inovasi pelayanan publik
Anjungan Dukcapil Mandiri pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
Kabupaten Jepara Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi implementasi
inovasi pelayanan publik Anjungan Dukcapil Mandiri dan di Dinas
Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Jepara dan menggali permasalahan
yang di hadapi oleh Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Jepara
dalam Implementasi Anjungan Dukcapil Mandiri.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tipe penelitian
deskriptif analitis. Pengumpulan data menggunakan wawancara. Sebagai data
pendukung, dalam penelitian ini menggunakan studi literatur. Adapun analisis
data meliputi redaksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Implementasi Anjungan Dukcapil Mandiri Di Dinas Kependudukan Dan
Catatan Sipil Kabupaten Jepara memiliki muatan yang memberikan salah satu
solusi atas permasalahan yang terjadi yaitu pelayanan pencetakan dokumen yang
berbelit berubah menjadi lebih efektif. Implementor dari kebijakan ini adalah
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupatenn Jepara melalui Bidang
Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan. Target dari kebijakan ini
khususnya masyarakat yang melek teknologi. Penerimaan masyarakat relatif
tinggi dan tidak ada konflik serta tidak ada penolakan dari kebijakan. Kolaborasi
antar perumus dan pelaksana kebijakan yang komunikatif serta opini publik inilah
yang membuat kebijakan ini terus tumbuh dan membangun. Permasalahan dalam
implementasi ini yaitu tidak semua mesin dapat beroprasi dengan baik, Mesin
ADM yang berada di Kecamatan Karimunjawa tidak bisa menangkap sinyal
sehingga mesin ADM tidak dapat digunakan sama sekali oleh masyarakat selain
itu tidak semua masyarakat memiliki kesempatan maupun kemampuan untuk
mengakses layanan yang disediakan oleh pemerintah dan petugas pendamping
tidak memiliki surat tugas resmi dalam menjalankan tugasnya sehingga
pelayanan tidak dapat optimal karena tidak ada standar operasional prosedur yang
jelas.
Penelitian ini merekomendasikan agar Dinas langsung menindaklanjuti
keluhan masyarakat dengan cara mem-follow up kembali pada Direktorat Jendral
Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementrian Dalam Negeri agar mendapat
dukungan perbaikan teknis yang tepat dan pemberian surat tugas maupun
perjanjian kepada petugas pendamping supaya ada ikatan secara profesional dan
ada rasa tanggung jawab
Kata Kunci : Implementasi, Anjungan Dukcapil Mandiri, Administrasi
Kependudukan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Government Science
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 28 Nov 2023 06:20
Last Modified: 02 Feb 2024 01:14
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18367

Actions (login required)

View Item View Item