Search for collections on Undip Repository

GAMBARAN FORMAT VISUM ET REPERTUM KORBAN HIDUP PADA KASUS PERLUKAAN DI RUMAH SAKIT UMUM KOTA DAN KABUPATEN SEMARANG

Sakinah, Faza Azizah and Rohmah, Intarniati Nur and Dhanardhono, Tuntas (2023) GAMBARAN FORMAT VISUM ET REPERTUM KORBAN HIDUP PADA KASUS PERLUKAAN DI RUMAH SAKIT UMUM KOTA DAN KABUPATEN SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (ABSTRAK-KTI)
ABSTRAK_FAZA AZIZAH SAKINAH_22010120130107.pdf

Download (378kB)

Abstract

Latar belakang: Visum et Repertum dalam aspek hukum berperan sebagai alat bantu bagi para penegak hukum dalam menangani suatu perkara pidana. Sampai saat ini, tata cara penulisan VeR di Indonesia belum memiliki ketentuan penulisan yang baku. Format penulisannya masih mengacu kepada pendahulu dan pendiri kedokteran forensik sehingga hal ini berdampak kepada pembuatannya yang dapat berbeda-beda sesuai dengan kebijakan masing-masing institusi yang menjadi tempat dikeluarkannya surat tersebut sehingga dapat menyebabkan adanya kesalahan penafsiran isi dari keterangan yang dituangkan oleh dokter di dalamnya.
Tujuan: Mengetahui gambaran format VeR koran hidup pada kasus perlukaan di Rumah Sakit Umum Kota dan Kabupaten Semarang.
Metode: Penelitian observasional menggunakan metode deskriptif dengan studi retrospektif. Subjek penelitian adalah 14 buah VeR dari 14 Rumah Sakit Umum yang berada di Kota dan Kabupaten Semarang. Penelitian ini terdiri dari 26 variabel, yaitu 18 variabel yang menilai isi setiap bagian VeR dan 8 variabel menilai pemenuhan standar pembuatan VeR.
Hasil: Hasil penelitian menunjukkan masih terdapat ketidaklengkapan format penulisan unsur tempat pemeriksaan pada bagian pendahuluan, unsur terapi pada bagian pemberitaan, dan unsur penentuan kualifikasi luka pada bagian kesimpulan. Namun pada bagian penutup didapati sudah mencantumkan secara lengkap ketiga unsur penyusunnya. Selain itu, beberapa VeR yang diteliti belum sepenuhnya memenuhi aspek standar umum ketentuan pembuatan karena masih menggunakan singkatan dan tidak melampirkan foto atau gambar yang dapat menunjang interpretasi hasil temuan yang dituliskan pada VeR.
Kesimpulan: Masih terdapat perbedaan format penulisan dan standar ketentuan pembuatan terhadap 14 VeR kasus perlukaan yang diteliti pada 14 Rumah Sakit Umum di Kota dan Kabupaten Semarang.

Kata Kunci: format penulisan, korban hidup, perlukaan, Visum et repertum

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: format penulisan, korban hidup, perlukaan, Visum et repertum
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Medicine
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 04 Dec 2023 02:10
Last Modified: 04 Dec 2023 02:10
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18357

Actions (login required)

View Item View Item