Search for collections on Undip Repository

IMPLEMENTASI PELAYANAN PAJAK E-SYSTEM DI WILAYAH KERJA KPP PRATAMA MAGELANG ._027 HAN 2023

Arumsari, Soima Desy and Ispriyarso, Budi and Sa’adah, Nabitatus (2023) IMPLEMENTASI PELAYANAN PAJAK E-SYSTEM DI WILAYAH KERJA KPP PRATAMA MAGELANG ._027 HAN 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sumber pendapatan utama negara Indonesia dalam mendanai APBN adalah melalui pajak. Pemerintahsebagai penyedia layanan publik bertanggung jawab untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat termasuk pelayanan dalam sektor perpajakan. Salah satu upaya pemerintah dalam rangka meningkatkan pelayanan dalam sektor perpajakan adalah dengan modernisasi sistem administrasi perpajakan menggunakan layanan e-system. Permasalahan yang timbul adalah bagaimana implementasi pelayanan pajak e-system saat ini serta kendala apa saja yang dihadapi wajib pajak pada saat penggunaan layanan e-system tersebut dan bagaimana solusi yang ditawarkan. Pelayanan yang baik dan berkualitas ditentukan dari pihak yang menyelenggarakan pelayanan dan pihak yang menggunakan pelayanan atau pihak yang ingin dipuaskan.
Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian hukum ini adalah metode pendekatan yuridis empiris. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Pada penelitian ini data yang telah didapatkan kemudian akan dianalisis secara deskriptis kualitatif. Data yang telah diperoleh akan dituangkan ke dalam bentuk uraian logis dan sistematis yang menghubungkan fakta yang ada dengan ketentuan perundang-undangan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pelayanan e-system (e-registration, e-SPT, e-filling, dan e-form) di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Magelang berpengaruh positif terhadap loyalitas Wajib Pajak karena Wajib Pajak merasa puas dengan adanya layanan e-system tersebut. Hal ini membuktikan bahwa semakin baik dan berkualitasnya pelayanan pajak yang disediakan maka akan meningkatkan loyalitas Wajib Pajak dalam melaksanakan kewajiban perpajakannya. Implementasi pelayanan pajak yang baik tersebut masih dijumpai beberapa kendala seperti Wajib Pajak di wilayah kerja Kantor Pelayanan Pajak Magelang yang kurang memahami teknologi digital dan terjadinya eror pada sistem.
Kata Kunci: Pelayanan Perpajakan, E-System, Pelayanan Publik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 28 Nov 2023 03:40
Last Modified: 28 Nov 2023 03:40
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18349

Actions (login required)

View Item View Item