Search for collections on Undip Repository

PENGARUH E-SERVICE QUALITY DAN BRAND IMAGE TERHADAP E LOYALTY MELALUI E-SATISFACTION SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Mahasiswa S1 Universitas Diponegoro Pengguna E-Commerce Lazada)

Sandika, Marsa (2023) PENGARUH E-SERVICE QUALITY DAN BRAND IMAGE TERHADAP E LOYALTY MELALUI E-SATISFACTION SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Mahasiswa S1 Universitas Diponegoro Pengguna E-Commerce Lazada). Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
Cover.pdf - Submitted Version

Download (660kB)
[img] Text
Bab 1.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
Bab 2.pdf - Submitted Version

Download (235kB)
[img] Text
Bab 3.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Bab 4.pdf - Submitted Version

Download (23kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (154kB)
[img] Text
Daftar Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan e-commerce di tengah pesatnya perkembangan teknologi, menjadikan persaingan antar e-commerce makin ketat. Tiap e-commerce saling meningkatkan performanya masing-masing baik dalam segi pelayanan maupun branding kepada para konsumennya secara elektronik. Pengalaman yang diperoleh
tersebut dapat mempengaruhi tingkat kepuasan dan loyalitas konsumen terhadap situs tersebut, suatu e-commerce, dimana salah satu e-commerce tersebut adalah Lazada. Berdasarkan data rangking TBI, diketahui bahwa tingkat loyalitas pelanggan pada Lazada bersifat fluktuatif dan cenderung rendah jika dibandingkan
dengan pesaingnya. Selain itu ada banyak komentar negatif terkait pelayanan dan citra yang dimiliki Lazada yang membuat pada konsumen tidak lagi puas ketika menggunakan e-commerce tersebut, dimana hal ini berpotensi untuk mengurangi tingkat loyalitas pelanggan pada Lazada.

Penelitian ini dilakukan guna mengetahui apakah terdapat pengaruh dari e-service quality dan brand image sebagai variabel independen terhadap e-loyalty sebagai variabel dependen melalui e-satisfaction sebagai variabel intervening pada ecommerce
Lazada. Sampel yang diambil untuk penelitian sebanyak 100 responden dengan Teknik pengambilan sampel propability sampling yakni purposive sampling melalui multistage. Data tersebut diambil menggunakan kuesioner dan studi pustaka. Penelitian ini bertipe deskriptif dengan pengolahan data menggunakan software SmartPLS 3.3.

Hasil dari penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara e-service quality dan brand image terhadap e-loyalty melalui e-satisfaction. Pengaruh e-service quality, brand image dan e-satisfaction terhadap e-loyalty sebesar 66,5% dan pengaruh e-service quality dan brand image terhadap esatisfaction sebesar 49,1%.
Berdasarkan hasil tersebut, Lazada perlu meningkatkan sistem pelayanan pada pelanggan serta produk-produknya. Selain itu diharapkan Lazada dapat memperbaharui fitur yang disediakan agar lebih unik lagi dan menjadi ciri khas dari Lazada itu sendiri, dengan begitu pelanggan akan merasa puas ketika menggunakan Lazada dan akan bersikap lebih loyal kedepannya.

Kata Kunci : E-Service Quality, Brand Image, E-Satisfaction, E-Loyalty

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 27 Nov 2023 07:32
Last Modified: 27 Nov 2023 07:32
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18348

Actions (login required)

View Item View Item