Search for collections on Undip Repository

PERLINDUNGAN KESEHATAN KERJA, KESELAMATAN KERJA, DAN JAMINAN SOSIAL BAGI KURIR E-COMMERCE._021 HAN 2023

NUR SETYOWATI, NUR SETYOWATI and Sonhaji, Sonhaji and Suhartoyo, Suhartoyo (2023) PERLINDUNGAN KESEHATAN KERJA, KESELAMATAN KERJA, DAN JAMINAN SOSIAL BAGI KURIR E-COMMERCE._021 HAN 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja hadir untuk mewujudkan perlindungan dan kesejahteraan bagi tenaga kerja. Tenaga kerja memiliki peranan yang sangat penting dalam proses pembangunan nasional. Setiap tenaga kerja di suatu perusahaan pasti tidak terlepas dari segala bahaya resiko kecelakaan kerja, begitu pula yang dialami oleh kurir. Kondisi kurir saat bekerja di lapangan belum mendapatkan perlindungan terhadap kesehatan kerja, keselamatan kerja, dan jaminan sosial. Permasalahan yang dibahas dari penulisan hukum ini adalah adalah mengenai perlindungan kesehatan kerja, keselamatan kerja, dan jaminan sosial bagi kurir e-commerce. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kedudukan kurir, pelaksanaan perlindungan kesehatan dan keselamatan kerja bagi seorang kurir, serta hambatan yang dihadapi kurir dan solusi perusahaan dalam memberikan perlindungan kesehatan kerja, keselamatan kerja, dan jaminan sosial bagi kurir. Metode pendekatan penelitian yang digunakan adalah yuridis empiris dan menerapkan spesifikasi penelitian deskriptif analitis. Jenis data yang digunakan adalah jenis data primer yang berasal dari wawancara kepada kurir dan tim HRD di beberapa perusahaan jasa ekspedisi daerah Semarang. Adapun untuk data pendukung yaitu data sekunder yang diperoleh dari studi kepustakaan.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menyatakan bahwa kedudukan kurir adalah sebagai pekerja dari perusahaan jasa pengiriman. Bentuk kerja sama antara perusahaan jasa pengiriman barang dengan perusahaan e-commerce adalah hubungan kemitraan, sedangkan hubungan antara kurir dan perusahaan jasa ekspedisi adalah hubungan kerja. Pelaksanaan perlindungan kesehatan kerja, keselamatan kerja,, dan jaminan sosial untuk kurir belum mendapatkan perlindungan yang optimal karena waktu kerja kurir yang masih di luar batas normal (overtime), kerja berlebih (overwork), dan belum sepenuhnya terdaftar kepesertaan jaminan sosial. Terdapat 2 (dua) hambatan yang dialami kurir, yaitu dari faktor yuridis dan faktor individu.
Kata Kunci: Perlindungan, Kurir E-Commerce, Kesehatan & Keselamatan Kerja, Jaminan Sosial

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 28 Nov 2023 03:08
Last Modified: 28 Nov 2023 03:08
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18338

Actions (login required)

View Item View Item