Search for collections on Undip Repository

Perbandingan Kecenderungan Derajat Depresi Pasien Wanita dengan Tumor Otak Intrinsik dan Tumor Otak Ekstrinsik di RSUP Dr. Kariadi

Novitha, Widya and Bakhtiar, Yuriz and Wati, Arinta Puspita and Fitrikasari, Alifiati (2023) Perbandingan Kecenderungan Derajat Depresi Pasien Wanita dengan Tumor Otak Intrinsik dan Tumor Otak Ekstrinsik di RSUP Dr. Kariadi. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (WIDYA NOVITHA-22010120120042-KTI-ABSTRAK)
ABSTRAK-KTI.pdf

Download (14kB)

Abstract

Latar Belakang: Depresi sering terjadi pada pasien tumor otak karena adanya perubahan dalam struktur dan fungsi otak yang disebabkan oleh kehadiran tumor otak itu sendiri. Depresi ini diperparah dengan faktor psikososial dan hormonal yang pada akhirnya berkaitan dengan penurunan survival rate pasien tumor otak. Perbedaan kecenderungan derajat depresi pada pasien tumor otak ini diukur dengan instrumen Beck Depression Inventory-II (BDI-II).
Tujuan: Untuk mengetahui kecenderungan derajat depresi pada pasien wanita dengan tumor otak intrinsik dan tumor ekstrinsik di RSUP Dr. Kariadi.
Metode: Penelitian ini adalah penelitian dengan pendekatan deskriptif analitik dengan desain cross sectional. Sampel yang digunakan yaitu pasien wanita pengidap tumor otak intrinsik dan tumor otak ekstrinsik pre-operasi. Sesuai rumus penelitian analitis kategoril-numerik digunakan 44 sampel. Uji statistik mengenakan uji normalitas shapiro-wilk, selanjutnya menggunakan uji non-parametrik mann-whitney. Untuk mengetahui hubungan variabel perancu dengan variabel dependen digunakan uji korelasi spearman.
Hasil: Tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kecenderungan derajat depresi pasien wanita dengan tumor otak intrinsik dan tumor otak ekstrinsik dengan hasil signifikansi sebesar 0.176. Pada variabel perancu, seperti usia, status perkawinan, tingkat pendidikan terakhir, lama menderita tumor, riwayat keluarga pengidap tumor dan depresi, dan dukungan keluarga juga tidak ditemukan pengaruh yang bermakna terhadap kecenderungan derajat depresi pada pasien wanita dengan tumor otak.
Kesimpulan: Tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kecenderungan derajat depresi pasien wanita dengan tumor otak intrinsik dan tumor otak ekstrinsik.
Kata kunci: Depresi, Tumor Otak, Pasien Wanita

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Depresi, Tumor Otak, Pasien Wanita
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Medicine
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 27 Nov 2023 06:51
Last Modified: 27 Nov 2023 06:51
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18329

Actions (login required)

View Item View Item