Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN ANTARA KEAKTIFAN BERORGANISASI DENGAN TINGKAT STRES (Studi pada Mahasiswa Program Studi Kedokteran Universitas Diponegoro)

Husna, Muhammad Malikul and Fitrikasari, Alifiati and Sarjana, Widodo and Wardani, Natalia Dewi (2023) HUBUNGAN ANTARA KEAKTIFAN BERORGANISASI DENGAN TINGKAT STRES (Studi pada Mahasiswa Program Studi Kedokteran Universitas Diponegoro). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (MUHAMMAD MALIKUL HUSNA-22010120120032-KTI-ABSTRAK)
MUHAMMAD MALIKUL HUSNA-22010120120032-KTI-ABSTRAK.pdf

Download (278kB)

Abstract

Latar belakang: Angka kejadian stres masih menjadi permasalahan pada mahasiswa dari waktu ke waktu. Peran mahasiswa sebagai penggerak dan pelopor perubahan dalam masyarakat dapat direalisasikan melalui organisasi kemahasiswaan. Mengikuti organisasi kemahasiswaan memiliki dampak positif maupun negatif, jika dampak negatif tidak diatasi dengan baik maka dapat menyebabkan stres. Penelitian pada mahasiswa kedokteran mengenai keaktifan berorganisasi dan tingkat stres masih terbatas.

Tujuan: Untuk mengetahui hubungan antara keaktifan berorganisasi dengan tingkat stres pada mahasiswa Program Studi Kedokteran Universitas Diponegoro

Metode: Jenis penelitian observasional analitik dengan rancangan belah lintang. Subjek penelitian sejumlah 389 mahasiswa aktif Program Studi Kedokteran Universitas Diponegoro dengan metode cluster sampling. Variabel bebas adalah tingkat keaktifan berorganisasi yang diukur dengan kuesioner keaktifan berorganisasi menurut Priambodo dan Sarwono, variabel terikat adalah tingkat stres yang diidentifikasi dengan kuesioner Perceived Stress Scale 10 (PSS-10), dan variabel perancu adalah jenis kelamin, jenjang semester, jenis tempat tinggal, dan status ekonomi.

Hasil: Dari 389 subjek penelitian, 11,6% termasuk dalam kategori keaktifan rendah, 70,4% keaktifan sedang, dan 18% keaktifan tinggi. Selain itu, ditemukan prevalensi stres sebesar 25,2% dalam kategori stres ringan, 66,6% stres sedang, dan 8,2% stres berat.

Kesimpulan: Terdapat hubungan tidak bermakna (p=0,307) antara tingkat keaktifan berorganisasi dengan tingkat stres. Terdapat hubungan bermakna (p=0,016) dengan korelasi sangat lemah (r=0,122) antara jenjang semester dengan tingkat stres.

Kata Kunci: Keaktifan berorganisasi, tingkat stres, Mahasiswa Program Studi Kedokteran Universitas Diponegoro.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Keaktifan berorganisasi, tingkat stres, Mahasiswa Program Studi Kedokteran Universitas Diponegoro
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Medicine
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 28 Nov 2023 01:55
Last Modified: 28 Nov 2023 01:55
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18321

Actions (login required)

View Item View Item