Search for collections on Undip Repository

UPAYA PEMENUHAN HAK BAGI NARAPIDANA PEREMPUAN HAMIL DAN MENYUSUI DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN WANITA (STUDI DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN WANITA KELAS IIA SEMARANG)._012 Pidana 2023

Az Zahro, Salsabila Rahma and Rochaeti, Nur and Prasetyo, Mujiono Hafidh (2023) UPAYA PEMENUHAN HAK BAGI NARAPIDANA PEREMPUAN HAMIL DAN MENYUSUI DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN WANITA (STUDI DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN WANITA KELAS IIA SEMARANG)._012 Pidana 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pemenuhan hak narapidana perempuan dengan laki-laki mempunyai perbedaan, dimana yang membedakan, yaitu perempuan yang memiliki kemampuan untuk mengandung dan menyusui. Narapidana perempuan hamil dan menyusui harus terpenuhi hak-haknya selama menjalani masa hukuman dalam lembaga pemasyarakatan, salah satunya pada Lembaga Pemasyarakatan Wanita Kelas IIA Semarang. Tujuan penulisan hukum ini adalah mengetahui dan menganalisis pemenuhan hak narapidana perempuan hamil dan menyusui di Lembaga Pemasyarakatan. Rumusan masalah dalam penulisan hukum ini adalah: (1). Bagaimana kebijakan tentang pembinaan bagi narapidana di lembaga pemasyarakatan?, (2). Bagaimana upaya pemenuhan hak bagi narapidana perempuan hamil dan menyusui berdasarkan kebijakan tentang pemasyarakatan di Lembaga Pemasyarakatan Wanita Kelas IIA Semarang?
Metodologi yang digunakan adalah socio-legalyang merupakan perpaduan kajian hukum doktrinal dengan kajian sosial. Spesifikasi penelitian dalam penulisan hukum ini menggunakan deskriptif analitis. Pengumpulan data didapatkan dari hasil wawancara dan studi kepustakaan yang kemudian dianalisi secara kualitatif.
Hasil penelitian dalam penulisan hukum ini ditemukan adanya beberapa kebijakan yang mengatur mengenai pelayanan dan pembinaan narapidana perempuan hamil dan menyusui di Lembaga Pemasyarakatan baik secara nasional maupun internasional, serta ditemukan beberapa kendala dalam pelaksanaan pemenuhan hak dan pembinaan bagi narapidana hamil dan menyusui di Lembaga Pemasyarakatan Wanita Kelas IIA Semarang. Permasalahan tersebut memerlukan peningkatan pemenuhan hak dan pembinaan narapidana baik secara teknis maupun instrumen hukum yang mengatur lebih detail mengenai standarisasi ketersediaan sarana dan prasarana yang dibutuhkan di setiap Lembaga Pemasyarakatan.

Kata Kunci : Pemenuhan Hak;Narapidana Perempuan Hamil dan Menyusui; Lembaga Pemasyarakatan Wanita.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 28 Nov 2023 03:07
Last Modified: 28 Nov 2023 03:07
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18300

Actions (login required)

View Item View Item