Search for collections on Undip Repository

ANALISIS YURIDIS NORMATIF TENTANG TINDAK PIDANA PERSETUBUHAN TERHADAP ANAK (StudiPutusan No. 112/Pid.Sus/2022/PN Demak)._021 Pidana 2023

WARDANI, SULINA SETIA and Rochaeti, Nur and Astuti, A.M. Endah Sri (2023) ANALISIS YURIDIS NORMATIF TENTANG TINDAK PIDANA PERSETUBUHAN TERHADAP ANAK (StudiPutusan No. 112/Pid.Sus/2022/PN Demak)._021 Pidana 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan zaman dan teknologi yang dialami masyarakat diberbagai bidang, peraturan-peraturan hukum pun bertambah. Penambahan tersebut tidak menutup kemungkinan kejahatan di masyarakat akan berkurang. Seperti pada kejahatan kesusilaan yaitu tindak pidana persetubuhan terhadap anak, yang masih menjadi penyakit dalam masyarakat. Tindak pidana persetubuhan dapat terjadi dimana saja, kapan saja, serta dapat terjadi kepada siapa saja baik orang dewasa maupun anak-anak. Penulisan hukum ini bertujuan untuk mengetahui kebijakan kriminal tindak pidana persetubuhan pada saat ini, penerapan kebijakan kriminal terhadap tindak pidana persetubuhan dalam Putusan No. 112/Pid.Sus/2022/PN Demak serta dasar pertimbangan hakim dalam menjatuhkan sanksi pidana terhadap tindak pidana persetubuhan terhadap anak dalam Putusan No. 112/Pid.Sus/2022/PN Demak. Metode penelitian yang digunakan yuridis normatif karena berdasarkan pada perundang-undangan dan prinsip hukum yang berlaku dalam tindak pidana persetubuhan terhadap anak. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan perundangan-undangan dan pendekatan kasus. Selanjutnya metode pengumpulan data yang digunakan adalah studi kepustakaan dan wawancara. Hasil penelitian dan simpulan dalam penulisan hukum ini adalah kebijakan yang mengatur tindak pidana persetubuhan saat terdiri dari isntrumen internasional dan instrumen nasional, penerapan kebijakan kriminal terhadap tindak pidana persetubuhan dalam Putusan No. 112/Pid.Sus/2022/PN Demak yang menggunakan kebijakan penal dan dasar pertimbangan hakim dalam menjatuhkan sanksi pidana terhadap tindak pidana persetubuhan terhadap anak dalam Putusan No. 112/Pid.Sus/2022/PN Demak berdasarkan pada fakta-fakta hukum, 5 (lima) ala tbukti, barang bukti serta mempertimbangkan dari segi sosiologis dan sesipsikologis terdakwa.
Kata Kunci: Tindak Pidana Persetubuhan, Anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 28 Nov 2023 03:05
Last Modified: 28 Nov 2023 03:05
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18287

Actions (login required)

View Item View Item