Search for collections on Undip Repository

PENGARUH CIMETIDINE DALAM MENGHAMBAT KERUSAKAN HEPAR TIKUS WISTAR YANG DIINDUKSI METANOL DOSIS BERTINGKAT Studi Pada Gambaran AST dan ALT Hepar Tikus Wistar

Monica, Kelly and Saebani, Saebani and Wijayahadi, Noor and Nindita, Yora (2023) PENGARUH CIMETIDINE DALAM MENGHAMBAT KERUSAKAN HEPAR TIKUS WISTAR YANG DIINDUKSI METANOL DOSIS BERTINGKAT Studi Pada Gambaran AST dan ALT Hepar Tikus Wistar. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (KELLY MONICA-22010120140133-KTI-ABSTRAK)
KELLY MONICA-22010120140133-KTI-ABSTRAK.pdf

Download (18kB)

Abstract

Pendahuluan: Alkohol tidak terlepas dari kehidupan sehari-hari yang bersifat adiktif dan mengganggu kesehatan. Di Indonesia tingkat konsumsi alkohol oplosan yang mengandung metanol masih tergolong tinggi dan banyak memakan korban jiwa. Keracunan metanol dapat menyebabkan kerusakan sel-sel hepar dan menyebabkan kadar AST dan ALT meningkat dalam darah. Pada penelitian sebelumnya, cimetidine menunjukan dapat berperan hepatoprotective dengan studi aspek histopatologinya mengingat 80% metabolisme alkohol terjadi di Hepar.

Tujuan: Mengetahui pengaruh pemberian Cimetidine dalam membantu menghambat kerusakan hepar tikus Wistar yang diinduksi metanol dengan pemberian dosis secara bertingkat ditinjau dari kadar AST dan ALT.

Metode: Penelitian true experimental, dengan post-test only control group design. Subjek penelitian adalah 35 ekor Tikus Wistar jantan (Rattus Norvegicus) dibagi 7 kelompok yaitu, Kontrol Sehat, Kontrol Negatif ¼ Dosis Letal Metanol, Kontrol Negatif ½ Dosis Letal Metanol, Kontrol Negatif 1 Dosis Letal Metanol, Perlakuan ¼ Dosis Letal methanol dengan Cimetidine, Perlakuan ½ Dosis Letal methanol dengan Cimetidine, Perlakuan 1 Dosis Letal methanol dengan Cimetidine (n=5) (Dosis Cimetidine: 30 mg/kgBB), Gambaran kerusakan dan efektivitas cimetidine didapatkan dengan menggunakan spektrofotometer dengan hasil berupa skor AST dan ALT.

Hasil: Uji statistik menunjukkan hasil tidak signifikan antara kelompok K+ dengan P-1 (AST dan ALT), K+ dengan P-2 (ALT)

Kesimpulan: Cimetidine dosis 30 mg/KgBB berpotensi sebagai hepatoprotective pada keadaan keracunan metanol.

Kata Kunci: AST, ALT, Cimetidine, Metanol, Hepar, Wistar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: AST, ALT, Cimetidine, Metanol, Hepar, Wistar
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Medicine
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 24 Nov 2023 02:37
Last Modified: 24 Nov 2023 02:37
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18282

Actions (login required)

View Item View Item